Sambut HGN, di Lampura diisi Dengan Karnaval Paud

oleh -

LAMPUNG UTARA, Berseripos.com – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Utara menghadiri Karnaval PAUD Tingkat Kabupaten Lampung Utara (Lampura) dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2019. Di Halaman Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten setempat. Jum’at (15/11/2019).

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda Kabupaten Lampung Utara, Kakimal Lampung, Kepala Kemenag Lampung Utara, Dewan guru, serta TK/PAUD se-Kabupaten Lampura.


Dalam sambutannya Plt. Bupati Lampura mengatakan sangat menyambut baik diadakannya Karnaval PAUD Tingkat Kabupaten, dan memberikan apresiasi serta ucapan terimakasih kepada segenap Pengurus Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) dan PGRI Kabupaten, serta berbagai pihak yang telah berjuang mencerdaskan kehidupan anak-anak bangsa, melalui berbagai penyelenggaraan pendidikan dan berbagai gelaran kegiatan dan perlombaan.

“Perlu untuk dipahami, bahwa perkembangan kehidupan anak-anak masa kini merupakan awal dari mata rantai yang sangat menentukan masa depan bangsa di masa yang akan datang. Oleh karena itu, menyiapkan generasi muda yang berkualitas sejak dini sebagai calon penerus dan pewaris bangsa, berarti harus membangun kehidupan anak sejak usia dini. Anak-anak perlu diberikan bekal keimanan dan pengetahuan, kepribadian dan keterampilan, kecerdasan dan jiwa semangat kebangsaan, serta kesegaran jasmani dan rohani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bermoral, cerdas, dan berdaya saing, “kata Budi.

Melalui ajang karnaval seperti ini, yang merupakan salah satu ajang kreatifitas bagi anak usia dini, adalah sebuah gagasan maju untuk menumbuh kembangkan segala potensi yang ada pada diri anak-anak, sekaligus untuk mengenalkan keberagaman budaya dan aneka profesi, termasuk mengenalkan keberagaman flora dan fauna yang ada di Negara kita. Apalagi dari peserta karnaval ini, anak-anak ada yang mengenakan kostum yang bahan bakunya dari tanaman, sehingga secara tidak langsung dapat lebih mengenal dan belajar tentang flora dan fauna.

Selain itu, melalui kegiatan karnaval ini pula, tentu diharapkan dapat lebih mengenalkan anak-anak pada akar budaya bangsa, menumbuhkan rasa cinta tanah air, dan sekaligus untuk meningkatkan motivasi peran serta masyarakat dalam pembinaan dan penyelenggaraan berbagai program Pendidikan.

“Kita semua tentu menyadari, karena seiring dengan kemajuan perkembangan teknologi dan transformasi budaya ke arah kehidupan modern, serta pengaruh derasnya arus globalisasi, menjadikan eksistensi warisan budaya dan nilai-nilai tradisional masyarakat menghadapi berbagai tantangan. Hal ini perlu kita cermati bersama, karena warisan budaya dan nilai-nilai tradisional tersebut mengandung banyak kearifan lokal yang masih sangat relevan dengan kondisi saat ini, dan sudah seharusnya dapat kita lestarikan, diadaptasi, atau bahkan dikembangkan lebih luas lagi, “ungkapnya.

Pihaknya juga mengajak seluruh elemen masyarakat dan para peserta untuk meningkatkan semangat kebersamaan, “Mari kita tingkatkan semangat kebersamaan kita dalam mendidik dan mencerdaskan generasi bangsa ini, dengan tetap menjaga kerukunan dan kedamaian, menjaga persatuan dan kesatuan, dan selalu berpikir positif dalam menyikapi berbagai isu yang berkembang saat ini, serta terus berjuang bersama membangun Kabupaten Lampung Utara agar senantiasa aman, agamis, maju dan sejahtera.” Pungkasnya.

Penulis: Muhammad Syahrial Ismail


Comment