Musim Hujan Datang, Danramil 01/Bkn Minta Babinsa Siaga dan Tetap Waspadai Longsor dan Banjir

oleh -

KUOK, Berseripos.com – Musim penghujan mulai datang Danramil 01/Bkn Kodim 0313/KPR Mayor Inf Andri Suardi, S. Sos, menginstruksikan para anggota Babinsa untuk bersiaga saat hujan deras, hal itu dilakukan untuk mewaspadai terjadinya longsor dan banjir.

Kesiapsiagaan itu berguna untuk memantau wilayah binaan dan melaporkan setiap perkembangan yang terjadi setiap desa yang cukup rawan.



Demikianlah yang dikatakan Danramil 01/Bkn Kodim 0313/KPR Mayor Inf Andri Suardi, S. Sos saat ditemui pewarta di ruangan kerjanya, di Makoramil 01/Bkn, Jalan M. Yamin, Kec. Bangkinang Kab. Kampar. (1/12/2019).

Ia menjelaskan bahwa kesiagaan tersebut dilakukan khususnya di wilayah-wilayah yang rawan terjadi tanah longsor dan banjir sesuai peta situasi di koramil 01/Bkn, sebab hal itu bisa saja terjadi pada puncak musim hujan di bulan Desember,” kata Mayor Inf Andri Suardi.

Menurutnya, jika saat hujan deras terjadi tanah longsor, banjir, atau kejadian lainnya, bisa segera diambil tindakan untuk penanganan cepat dan tepat sesuai kejadian di lapangan.

Selain itu, dirinya juga berharap para Babinsa pun bisa mengingatkan warga binaannya untuk siaga dan berhati-hati, Terutama bagi yang memiliki rumah di lerengan diminta untuk lebih berhati-hati, karena dikhawatirkan hujan deras menyebabkan longsor atau pergerakan tanah.

“Saya juga perintahkan para Babinsa yang berada di lokasi yang berpotensi bencana untuk melakukan pengumpulan data lokasi yang rawan terdampak bencana tanah longsor dan banjir,” ujar Mayor Andri.

Anggotanya diharuskan melakukan komunikasi dan sosialisasi secara aktif kepada masyarakat, untuk mengingatkan kewaspadaan cuaca ekstrem disaat musim hujan.

Tindakan pencegahan untuk meminimalisir dan menghindari korban saat terjadi bencana yang bisa terjadi kapan saja.

Dengan adanya penekan dari Danramil sehingga babinsa Desa Merangin Sertu Cipto Wibowo bersama Bhabinkamtibmas langsung kelapangan menghimbau masyarakat untuk siaga dan lebih berhati-hati kerna jalan lintas Riau Sumbar yang   bertempat di Desa Merangin sering terjadi longsor dimusin penghujan.

Penulis: Pajri



Comment