Armada Damkar Akan Bertambah 3 Unit ditahun 2020, 3 Kecamatan Menjadi Prioritas

oleh -
Foto: Damkar Kampar. Berseripos.com

KAMPAR, Berseripos.com – Untuk memenuhi kebutuhan mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kabupaten Kampar, Pemerintah setempat melakukan penambahan armada secara bertahap, hal itu dilakukan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Kepala Satpol PP Kampar, Nurbit, mengatakan bahwa seiring dengan pemikiran kita untuk mengantisipasi luasnya wilayah Kabupaten Kampar yang sudah sering terjadi kebakaran setiap tahun, kita mengusulkan kemarin idealnya itu dibagi perwilayah dengan 6 sampai 10 Armada Damkar, hal itu dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja Damkar.


“Untuk sekarang ini Damkar Kampar berjumlah 2 unit yang layak jalan sementara untuk 2020 akan ditambah 3 unit lagi dan sudah disetujui.” ujarnya ketika diwawancara Berseripos.com, di ruangan kerjanya. Kamis (5/12/2019).

Dijelaskan Nurbit, pengajuan Armada Damkar telah dilakukan ke Badan Anggran sebanyak 10 unit, namun yang disetujui hanya 3 unit saja.

“Kita berfikir dari konsep perwilayah, dari setiap tela’ah yang kita buat kita ingin semuanya terealisasi sesuai kebutuhan, sebab tanggung jawab teknis ada di Satpol PP Kampar karena ada Damkarnya, tapi balik lagi kepada kemampuan daerah yang hanya bisa mengkomodir sebanyak 3 unit saja.” jelas Nurbit.

Dirinya juga mengemukakan bahwa terakomodirnya 3 unit armada sesuai dengan konsep wilayah yang sudah diusulkan, namun hal itu akan menjadi persoalan dikemudian hari, sebab konsep tersebut diyakini tidak akan berjalan optimal.

“Kita akan liat Konsep wilayah itu akan terapkan atau tidak nantinya, sebab ketika pengusulan Armada kita sekaligus mengusulkan penambahan tenaganya.

“Jadi satu armada itu pola minimalnya ada lima orang anggota, untuk idealnya armada baru anggotanya juga harus direkrut karena dia akan disebar ke Kecamatan.” bebernya

Menurut Nurbit, terakomodirnya hanya 3 unit armada membuat dirinya berfikir akan meletakan dimana Armada tersebut, sehingga dirinya meminta petunjuk dimana saja wilayah yang akan mendapat mobil.

“Kalau kita lihat dari kejadian yang paling prioritas itu adalah wilayah Siak Hulu, Tambang dan bisa juga Kampar Kiri.” Pungkasnya.**(YD)


Comment