Ratusan Masyarakat di Kampar Riau “Geruduk” Kantor Besar PT. Padasa Enam Utama Kokar, Ini Tuntutannya

oleh -

Kampar, Berseripos.com – Lebih kurang 600 orang Pemuda serta Mahasiswa yang mengatasnamakan Gerakan Peduli Negeri Sibiruang dan Gunung Malelo atau GPNSG menggelar Aksi damai di depan Kantor Besar PT. Padasa Enam Utama Kebun Koto Kampar (Kokar) yang terletak di Wilayah Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau,. Kamis pagi (19/12/2019).

Aksi Demo tersebut guna menuntut beberapa hal terhadap PT. Padasa Enam Utama (Kokar) .


Adapun tuntutan dari Pemuda serta Mahasiswa yang mengatas namakan Gerakan Peduli Negeri Sibiruang dan Gunung Malelo tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mempertanyakan Hak Guna Usaha (HGU) tanah Wilayat 3 desa untuk dikembalikan tanah kami seluas 2906 hektar.
  • 2. Menuntut untuk diukur ulang semua lahan PT. Padasa Enam Utama Kebun Koto Kampar (Kokar).
  • 3. Mempertanyakan Penyaluran CSR terhadap masyarakat sekitar.
  • 4. Meminta pembubaran pasar yang ada didalam wilayah PT. Padasa Enam Utama di Afdeling 10 dan 3 karena hal tersebut diduga tidak memiliki Izin.
  • 5. Kurangnya Kontribusi PT. Padasa Enam Utama kepada masyarakat dan pemuda sekitar PT. Padasa Enam Utama serta lain- lainnya.

“Aksi Demo tadi adalah aksi demo dari Pemuda dan Mahasiswa yang tergabung di 3 desa yaitu desa Gunung Malelo, Sibiruang serta Desa Bandur Picak, kemudian dibantu oleh masyarakat,” ujar Sekretaris Camat (Sekcam) yang mewakili Camat Koto Kampar Hulu, Herman ,SP, M.si kepada Pewarta.

Lebih lanjut Herman menjelaskan, Itu tadi memang pemuda bersama Mahasiswa yang tergabung di 3 desa menuntut berkisar 6 atau 7 point terutama mempertanyakan masalah luas areal kebun PT. Padasa ini secara keseluruhannya bagaimana dan kalau HGU ini memang hak Wilayat masyarakat yang ada disana mereka meminta untuk dikembalikan yang telah habis Izin Hak Guna Usahanya.

“Jumlah para pendemo tadi diperkirakan lebih kurang 600 orang dimana saya yang mewakili bapak Camat yang kebetulan beliau ada acara dan bukan saya saja yang hadir ditengah – tengah para pengunjuk rasa tetapi Kapolsek beserta anggotanya juga hadir, Babinsa Koramil 12 / XIII Koto Kampar, Satpol PP kecamatan koto kampar hulu, Kepala desa Gunung Malelo, yang mewakili Kepala Desa Sibiruang dihadiri oleh Sekretaris Desa (Sekdes) nya serta Desa Bandur Picak dihadiri oleh Kaurnya,” Ucapnya

Herman menambahkan, Para Aksi pengunjuk rasa tadi bertemu dengan ADM PT. Padasa serta ADM tadi berjanji atau berupaya untuk Memediasi ataupun mendatangkan nanti Direksi PT. Padasa kesini dan yang jelas tuntutan masyarakat tadi ditanggapi dengan baik.

“Harapan kami dari pemerintah Kecamatan Koto Kampar Hulu tentunya kita berharap masalah ini dapat diselesaikan, tentunya dengan harapan kalau tuntutan masyarakat memang ada haknya ya dikembalikan kepada masyarakat,” pungkasnya** (HGN)


Comment