Sukses Kembangkan Program UMKM, Komisi II DPRD Siak Kunjungi Kabupaten Pelalawan

oleh -

Pelalawan, Berseripos.com – Komisi II DPRD Kabupaten Siak melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pelalawan salah satunya melihat program dari Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UMKM Kabupaten Pelalawan didalam melakukan pengembangan dan membina serta meningkatkan wawasan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) khususnya di Kabupaten Pelalawan.

Rombongan Komisi II DPRD Siak yang di ketuai oleh Sujarwo ini dengan 8 orang anggota DPRD lainnya diterima langsung oleh Bupati Pelalawan yang di wakili oleh Asisten Administrasi Pembangunan H.Atmonadi di dampingi Kadis Koperasi  Perindustrian  Perdagangan dan Perdagangan H.Fakhrizal, bertempat di Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UMKM Pangkalan Kerinci.Rabu (18/12/2019).


Asisten Bupati Bidang Pembangunan H.Atmonadi dalam pemaparannya kepada tim rombongan komisi II menjelaskan bahwa visi dan misi bupati dan wakil bupati 2016-2019 yang tertuang pada 7 program strategis, satu diantaranya Pelalawan Makmur menjadi salah satu tujuan bagaimana mengembangkan dan membina serta meningkatkan para pelaku UMKM di Kabupaten Pelalawan.

Sementara itu ditambahkan oleh Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UMKM H.Fakhrizal mengatakan Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UMKM tentunya sangat serius berusaha bangaimana meningkatkan kualitas UMKM yang ada untuk mampu bersaing. Selanjutnya dinas ini juga berupaya  meningkatkan kualitas SDM masyarakat pelaku UMKM sehingga bisa mandiri menuju Pelalawan Emas. 

“Kita melalui OPD Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UMKM memprogramkan berbagai kegiatan yaitu mengadakan sosialisasi dan pelatihan UMKM dengan kemitraan bersama perusahan-perusahaan khususnya bidang permodalan. Disamping itu pihak perbankan. Dan mengaktifkan Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) di 12 kecamatan,” Jelas Fakhrizal

Mantan Kadiskominfo Pelalawan ini juga menambahkan bahwa capaian apa yang menjadi target dari OPD yang di pimpinnya alhamdulillah, kita berhasil dan mendapatkan penghargaan Natamukti oleh lembaga Internasional ICSB, sebagai kabupaten yang peduli dalam melakukan pengembangan UMKM yang diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI tanggal 11 Oktober 2019. Penghargaan ini adalah penghargaan tertinggi dibidang UMKM.

“Perhargaan Natamukti ini kita persembahkan  sebagai kado ulang tahun Kabupaten Pelalawan Ke- 20 yang diperingati setiap 12 Oktober setiap tahunya,” sambungnya.

Selain itu  kita juga diganjar perhargaan terkait kebijakan daerah yang mengaktifkan kembali Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) melalui dana perubahan APBD 2019 sebagai pendamping UMKM di 12 Kecamatan,selain itu juga kita mendapatkan penghargaan atas usaha pengembangan batik bono di negeri seiya sekata ini.** (MC Pelalawan/ryan)


Comment