Dinkes Kampar Riau Gelar Pemerikaan Kesehatan Pada Pengemudi Angkutan Umum, Termasuk Tes Urin

oleh -

KAMPAR, Berseripos.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar menggelar Pemeriksaan Kesehatan Deteksi Dini faktor resiko kesehatan pada pengemudi bus antar Kota, antar Provinsi arus mudik libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. di Terminal Tipe A tepatnya di jalan M Yamin. Senin (23/12/2019).

Pemeriksaan pengemudi tersebut turut melibatkan pihak Kepolisian serta Dinas Perhubungan Kabupaten Kampar.



Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Dedy Sambudy, SKM.MKes mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penumpang transportasi umum, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi para pengemudi yang tidak safety dalam melaksanakan tugas.

“Maka itu kita dari Dinas Kesehatan melakukan pengecekan Kesehatan menyeluruh kepada para penumpang, termasuk tes urin,” ujarnya kepada Berseripos.com.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk menemukan faktor – faktor resiko bagi pengemudi yang kurang tidur serta pengguna alkohol, narkoba, dan obat-obatan lainnya,

“Apabila ditemukan bagi pengguna tersebut maka kita berkoordinasi dengan Dinas perhubungan serta kepolisian untuk mengambil sikap agar pengemudi tidak melanjutkan perjalanan dan dapat mengganti dengan pengemudi yang lain atau penumpang dipindahkan ke mobil lainnya juga. Hal itu guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan,” sebut Dedy.

Ia juga menjelaskan, dari hasil beberapa pengemudi yang sudah diperiksa tidak ditemukan faktor-faktor tersebut alias negatif, namun kita temukan faktor lainya selain pengguna narkoba dan alkohol.

“Alhamdulillah tidak ditemukan faktor-faktor pengguna narkoba, namun pemeriksaan masih terus dilakukan,” beber dedy.

Dirinya juga mengatakan untuk menghadapai Natal dan tahun baru Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar juga telah membuka 4 posko gabungan dari TNI, Polri, dan Dinas Perhubungan, yakni berada di Wilayah Kelok Indah, Bangkinang Lapangan Merdeka, Petapahan, dan di Siak Hulu.

“Pengecekan gratis ini kita lakukan disepanjang operasi lilin serta dalam kondisi yang memungkinkan.” Jelas Dedy.**(Yudha)



Comment