Berikut Tips Dari Kapolres Kampar Riau, Agar Terhindar Dari Pelaku Kejahatan Saat Liburan Akhir Tahun

oleh -
Ilustrasi (Blog TribunJualBeli)

KAMPAR, Berseripos.com – Sebagian masyarakat kita saat ini tengah melaksanakan libur akhir tahun, diantara mereka juga banyak yang memanfaatkan waktu liburan ini dengan melakukan perjalanan keluar kota atau keluar daerah berwisata maupun pulang ke kampung halaman untuk berlibur.

Kondisi ini tentunya berpengaruh terhadap peningkatan arus lalulintas seiring bertambahnya mobilitas pergerakan orang dan kendaraan, terutama pada ruas-ruas jalan antar kota maupun antar provinsi yang akan berdampak juga terhadap peningkatan terjadinya kecelakaan lalulintas.


Tidak hanya itu, banyaknya masyarakat khususnya didaerah perkotaan yang bepergian dengan meninggalkan rumahnya, tentunya berpotensi pula terjadinya kriminalitas karena adanya segelintir orang yang memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan tindak kejahatan, seperti pencurian pada rumah-rumah yang ditinggal pemiliknya untuk berlibur.

Untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya kecelakaan lalulintas maupun tindak kejahatan saat liburan akhir tahun ini, Kapolres Kampar sampaikan beberapa tips kepada masyarakat yang mungkin dapat mencegah atau mengurangi resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut Tips dari Kapolres Kampar, agar terhindar dari pelaku kejahatan saat liburan akhir tahun :

I. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum meninggalkan rumah untuk berlibur, yaitu ;

  1. Amankan semua peralatan listrik yang tidak dipakai dengan melepas colokannya, cabut regulator dari tabung gas dan hidupkan lampu penerang secukupnya, kunci pintu dan jendela rumah dengan baik dan bila perlu beri kunci tambahan.
  2. Titipkan barang-barang berharga, kendaraan, dokumen penting kepada keluarga atau tetangga yang dipercaya, dan hindari mengenakan perhiasan yang menyolok saat bepergian.
  3. Bila memungkinkan pasang CCTV dirumah dan koneksikan dengan jaringan internet, sehingga bisa dipantau setiap saat melalui peralatan androit.
  4. Bagi yang akan bepergian menggunakan kendaraan pribadi baik mobil atau sepeda motor agar mempersiapkan kendaraannya sebaik mungkin untuk menghindari kerusakan diperjalanan, isi penuh bahan bakar sebelum berangkat dan jangan lupa membawa surat-surat seperti SIM dan STNK serta tidak membawa barang berlebihan yang akan mengganggu kenyamanan berkendara.
  5. Patuhi peraturan lalulintas dan bila mengantuk berhentilah pada tempat-tempat yang aman seperti Pos Polisi, SPBU atau Rest Area.

Demikian tips atau pesan-pesan ini disampaikan kepada masyarakat khususnya yang akan berlibur akhir tahun, semoga perjalanan anda menyenangkan dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, “Selamat merayakan Natal dan Tahun 2020.” ujar Kapolres Kampar mengakhiri penyampaiannya.**


Comment