Tempati Gedung Baru, Dinkes Kampar Riau Paparkan Sejumlah Program Unggulan

oleh -
Kepala Dinas Kesehatan Kampar: Dedy Sambudi SKM.M.Kes

BANGKINANG KOTA, Berseripos.com – Untuk memaksimalkan pelayanan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar menempati gedung baru sejak hari ini, Senin 6 Januari 2020.

Sebelumnya Gedung tersebut merupakan bangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang dan BNK Kampar ini terletak di Jl. A. Rachman Saleh, No 1 Bangkinang Kota.



Dalam rangka menempati gedung baru Dinas Kesehatan menggelar yasinan dan doa bersama dengan seluruh pegawai diruang lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar.

Usai menggelar yasinan dan doa bersama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Dedy Sambudi SKM.M.Kes mengunggkapkan sejumlah program prioritas di Dinasnya untuk tahun 2020.

Diantaranya mem-BLUD-kan seluruh Puskesmas di Kabupaten Kampar dimulai pada bulan Mei mendatang, sehingga di APBD Perubahan 2020 seluruh Puskesmas sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) seperti Rumah Sakit, hal itu dengan harapan Puskesmas memperoleh kemudahan dalam mengelola keuangan serta mengatasi keluhan masyarakat dalam pelayanan kesehatan.

“Di Tahun 2020 Dinkes Kampar juga akan melounching Public Servis Center seperti 911, dengan meintegrasikan Ambulance disetiap Desa, sehingga masyarakat dimudahkan dalam mendapatkan layanan rujukan. Dengan menghubungi call center, petugas akan menjemput warga yang membutuhkan rujukan ke rumah sakit yang ditentukan oleh pasien,” bebernya saat diwawancara berseripos.com. senin (6/01/2020)

Yang ketiga, lanjut Kadis, pihaknya akan memaksimalkan Program Agreditasi Puskesmas.

Ia juga menyebutkan saat ini sebanyak 10 Puskesmas di Kampar re-agreditasi, untuk itu Dinas Kesehatan menargetkan 2 Puskesmas menjadi agreditasi Paripurna.

“Dinas Kesehatan Kampar juga akan melonching Mobil Unit Layanan Gigi Keliling, yang akan dilounching sekitar bulan Juni. Mobil ini akan menjadi satu-satunya di Provinsi Riau dan diharapkan menjadi percontohan di Indonesia,” paparnya.

Ditambahkan Dedy, Dinkes Kampar juga akan melounching Mobil Unit Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular, mobil ini akan keliling di Kabupaten Kampar untuk melakukan pelayanan pengecekan gula darah, kolesterol, tensi, asam urat, dan potensi dini penyakit tidak menular.

“Kita juga akan membuka poli Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) disetiap Puskesmas untuk membebaskan Kampar dari pasung,” pungkasnya.**( YD)



Comment