Diduga Pengerjaan RTH di Kampar Riau Asal Jadi, Perkim Salahkan Pihak PLN

oleh -

KAMPAR, Berseripos.com – Salahsatu penataan pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kabupaten Kampar, di Jl. A. Rachman Saleh Bangkinang Kota tepatnya di Depan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar diduga asal jadi.

Dugaan pembangunan RTH asal jadi tersebut, terlihat dari beberapa kejanggalan, dimana pengerjaan masih seumur jagung sudah mengalami pecah-pecah alias berantakan.


Dari hasil pantauan pewarta dilokasi, selain pecahnya beberapa lantai keramik, terlihat juga penimbunan tempat pemasangan keramik yang tidak sempurna, hal itu dapat dilihat pada dititik pecahnya keramik tersebut yang kosong atau tidak ditopang oleh tanah yang padat seperti tempat pemasangan keramik pada umumnya.

Kepala Bidang Taman dan PJU Dinas Perkim Ahmad Fais Ayatullah.SE saat dikonfirmasi mengungkapkan bahwa kosongnya tanah tersebut dikarenakan oleh galian yang dilakukan oleh pihak PLN, sehingga berdampak pada pengerjaan yang tidak maksimal.

“Maka kami tunggu dulu pihak PLN selesai baru kami revisi ulang, masa pemeliharaan 6 bulan,” ujarnya saat ditemui Berseripos.com di ruangan kerjanya. Selasa (7/1/2020).

Kepala Bidang Taman dan PJU Dinas Perkim Ahmad Fais Ayatullah.SE

Ia juga mengatakan bahwa penataan pembangunan ruang terbuka hijau tersebut menggelontorkan dana sekitar Rp. 158.000.000,- (Seratus Lima Puluh Delapan Juta dengan masa pengerjaan 90 hari kontrak.

Ahmad Fais juga berdalih bahwa pengerjaan tersebut sempat tertunda akibat ada pengerjaan yang dilakukan oleh pihak PLN, namun waktu masih ada.

“Sempat tertunda dikarenakan galian pipa listrik, dan mungkin pemadatannya yang kurang saja,” kilahnya

Ia pun merasa heran dengan kejadian hal itu, sehingga ia menyebutkan bahwa kesalahan dalam pengerjaan tersebut disebabkan oleh pihak PLN yang menggali tanah sehingga tanah menjadi tidak padat kembali.

“Mungkin terpijak dan kurang keras, sehingga tanah menjadi turun, apalagi ditambah dengan hujan,” jelasnya

Selanjutnya, ketika wartawan mempertanyakan berapa jumlah pengerjaan Ruang Terbuka Hijau yang ada di Kabupaten Kampar, Ahmad menyebutkan bahwa jumlah itu banyak, namun dirinya tidak bisa menyampaikan lebih detail berapa jumlah tersebut.

Ia pun juga sempat mendokumentasikan foto wartawan ketika wartawan datang ke ruangan kerjanya dengan alasan “mana tau bisa jumpa di Pekanbaru”. (Yudha)


Comment