Ini yang disampaikan Kepala Kejati Riau Saat Berkunjung Ke Kejari Kampar, Ada yang Sudah Menjadi Tersangka

oleh -

KAMPAR, Berseripos.com – Kepala Kejaksaan Tinggi Riau beserta jajarannya berkunjung ke Kejaksaan Negeri Kampar dalam rangka sosialisasi program Jaga Desa dan Anti Radikalisme. Kamis (16/01/2020).

Kunjungan tersebut langsung disambut oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kampar, Suhendri SH,MH beserta seluruh staf.



Turut hadir juga Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH, Sekda Kampar, H. Yusri beserta perangkat daerah terkait.

Dalam keterangannya, Kajati Riau Dr. Mia Amiati SH,MH mengatakan bahwa dirinya sudah berkewajiban untuk menyampaikan amanah undang-undang dimana pihak Kejaksaan sesuai dengan program TP4D yang sudah dihapuskan kita punya program Pengawalan pengawasan pembangunan.

“Jadi tugas kami diantaranya selain melaksanakan kegiatan pengawalan pembangunan yang bersifat infrastruktur juga menjaga penggunan anggaran dari Desa, sebab anggaran Desa cukup besar dimana dalam hal ini kami mencoba berkordinasi dengan Bupati Kampar bahwa suatu saat nanti kami akan menyampaikan juga kepada seluruh Desa yang ada di Kabupaten Kampar, ” ujarnya saat didampingi oleh Asintel, Raharjo Budi Isnanto, SH, MH dan Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto SH.

Berdasarkan dari analisa dan hasil evaluasi kami pada tahun lalu, Sambung Mia, ada dibeberapa Kabupaten yang sudah menjadi tersangka dalam pelaksaan pertangungjawaban anggaran, salahsatu contoh di daerah yang terdekat dari Kampar.

“Ada disalahsatu daerah yang dekat dengan Kampar, dimana kegiatannya fiktif sehingga tidak bisa dipertanggung jawabkan. Mungkin ada ketidaktahuan atau mungkin ada oknum yang mencoba mencari keuntungan,” sebut Mia.

Dirinya juga menjelaskan bahwa sebetulnya pihak Kejaksaan terus berupaya menjaga hal tersebut tidak terjadi sehingga Dengan adanya program Jaga Desa kita bisa mengawal kepatuhan para Kepala Desa untuk bisa melaksanakan pertanggungjawaban anggaran dengan sebaik mungkin.

“Kami juga mengsosialisasikan bagaimana teman-teman jajaran Pemda ini mengupayakan agar semua anggaran terserap sebaik mungkin dan tepat sasaran tanpa adanya penyalahgunaan anggran.” bebernya

Sementara itu Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto SH, mengatakan bahwa dirinya sangat berterimakasih kepada Kejaksaan tinggi yang sudah memberikan informasi, arahan serta petunjuk dalam penggunanan anggran sesuai aturan yang ada.

“Kedepannya karena program TP4D sudah selesai maka kita mendukung program pengawalan pembangunan yang ada didaerah. Saya rasa ini kunjungan yang luar biasa agar kita tertip untuk menjalankan undang-undang yang berlaku.” Pungkasnya.**(YD)



Comment