Diguyur Hujan Lebat, Jalan Lintas Riau – Sumbar di Km 83 Longsor

oleh -

KAMPAR, Berseripos.com – Curah hujan yang tinggi dibeberapa wilayah Kabupaten Kampar pagi tadi, mengakibatkan longsor dan pohon tumbang pada sisi jalan lintas Riau – Sumbar di Km 82 dan Km 83 wilayah Desa Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Senin (20/1/2020).

Guyuran hujan tersebut menyebabkan tanah yang berada ditebing bukit longsor sehingga hampir menutupi badan jalan, namun matrial longsoran itu masih berskala kecil dan masih bisa dilalui oleh kendaraan


Berdasarkan keterangan Kapolsek Bangkinang Barat Iptu Supriadi, bahwa ia mendapat informasi kejadian ini sekitar pukul 07.00 wib dan langsung turun bersama anggotanya ke lokasi kejadian.

Untuk pohon tumbang terjadi di Km 82 Desa Merangin, Kapolsek langsung mengerahkan anggotanya bersama Babinsa dan beberapa warga setempat untuk mengevakuasi batang pohon yang tumbang ini dari badan jalan.

Usai membersihkan lokasi pohon tumbang ini, Kapolsek bersama anggota dan Babinsa serta beberapa warga langsung menuju lokasi longsor di Km 83.

Beberapa orang warga membantu menyingkirkan material longsor berupa tanah bercampur lumpur dari badan jalan, sementara anggota Polsek mengatur arus lalulintas yang akan melewati kawasan ini dengan sistim buka tutup.

Hingga siang ini personel Polsek masih menunggu alat berat dari Dinas PUPR Provinsi Riau, untuk menyingkirkan tanah dan lumpur yang masih menumpuk di badan jalan.

Situasi terakhir di lokasi longsor masih dilakukan upaya pembersihan material oleh masyarakat setempat, dan arus lalulintas dibuka satu jalur dengan sistem buka tutup.

Kapolsek Bangkinang Barat Iptu Supriadi SH saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa ini, Ia menyampaikan bahwa kejadian pohon tumbang dan longsoran tebing dikarenakan curah hujan disertai angin kencang.

“Apabila curah hujan masih tinggi dikuatirkan akan terjadi lagi longsor dikawasan ini, dihimbau kepada masyarakat pengguna jalan untuk berhati-hati dan waspada saat melewati kawasan ini terutama saat turun hujan.” jelas Supriadi.**


Comment