Jajaran Polres Kampar Terus Gelorakan Kegiatan Preventif Cegah Karhutla

oleh -

KAMPAR, Berseripos.com – Untuk mewujudkan Riau Bebas Asap tahun 2020 perlu kerja keras dan kepedulian seluruh elemen masyarakat, untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan maupun penanganan Karhutla. Selasa (21/1/2020).

Kegiatan-kegiatan preventif sebagai upaya pencegahan karhutla ini perlu dilakukan secara masif dan berkesinambungan, terkait hal ini Polsek-polsek di Jajaran Polres Kampar terus menggelorakan kegiatan pencegahan Karhutla ini secara terus menerus dengan menurunkan anggota kelapangan.


Adapun kegiatan-kegiatan preventif yang dilakukan jajaran Polres Kampar untuk pencegahan Karhutla ini antara lain, mengadakan patroli ke pedesaan / perkebunan serta daerah-daerah rawan karhutla, menyambangi masyarakat dan memberikan penyuluhan serta penyebaran maklumat tentang larangan melakukan pembakaran lahan.

Selain itu juga dilakukan perawatan sekat kanal dan sumur bor serta peralatan mesin pompa air yang dimiliki, sebagai sarana prasarana yang dipersiapkan untuk mengantisipasi apabila terjadi karhutla.

Pihak Kepolisian juga terus menggandeng seluruh stakeholder terkait, antara lain dari BPBD, Damkar, Tagana, Babinsa, Perangkat Desa, Masyarakat Peduli Api dan Tokoh-tokoh masyarakat untuk bersinergi melakukan upaya pencegahan dan antisipasi masalah karhutla ini.

Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK saat dikonfirmasi terkait upaya pencegahan karhutla ini menyampaikan, bahwa upaya-upaya pencegahan karhutla ini haruslah menjadi perhatian serius semua pihak baik dari jajaran Pemerintah bersama TNI-POLRI serta seluruh lapisan masyarakat.

Ini merupakan tanggung jawab bersama untuk membuat para pelaku karhutla ini sadar, bahwa perbuatan membakar hutan dan lahan adalah perbuatan melanggar hukum, merugikan orang banyak dan berdampak sangat luas terhadap kehidupan manusia.

“Kita berharap apa yang dilakukan oleh Pihak Kepolisian bersama TNI dan seluruh stakeholder terkait ini mendapat dukungan dari masyarakat luas, sehingga kita dapat mewujudkan Riau Bebas Asap untuk selamanya,” Ujar Kapolres Kampar.**


Comment