Bupati Pelalawan HM. Harris Hadiri Panen Raya Padi di Desa Sungai Ara

oleh -

Pelalawan, Berseripos.com – Bupati Pelalawan HM. Harris menghadiri kegiatan panen raya padi bersama para petani di Desa Sungai Ara Kecamatan Pelalawan. Selasa, (28/1/2020).

Dalam kegiatan yang sama juga diaksanakan penyerahan hand tracktor kepada para petani di Desa Sungai Ara yang merupakan bantuan dari PT. Riau Andalan Pulp & Paper.



Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Kab. Pelalawan Adi Sukemi, ST.MT, Kepala OPD terkait, Camat Pelalawan T.Sakirmadhan, S.Sos, Kapolsubsektor Pelalawan Zulmaheri, Sekcam Pelalawan Yubral, SH dan tokoh masyarakat serta masyarakat Desa Sungai Ara.

Bupati pelalawan HM. Harris dalam sambutannya mengatakan bahwa demi mewujudkan Pelalawan makmur, masyarakat harus siap bersama-sama dan saling bahu membahu menjaga lahan pertanian yang telah digarap seluas 12 hektare ini yang juga merupakan bantuan dari perusahaan.

“Bantuan yang telah kita dapatkan dari perusahaan harus bisa kita jaga dengan baik. Diharapkan masyarakat mampu memanfaatkan lahan tersebut untuk mencukupi kebutuhan pangan sehingga dapat mewujudkan pelalawan makmur yang merupakan salah satu terwujudnya program Pelalawan Emas.” harap Bupati Harris.

Selanjutnya Bupati Pelalawan 2 periode ini menambahkan “Dengan adanya lahan yang telah digarap seluas 12 hektar ini, kedepannya masyarakat bersama perusahaan bisa menambah luas wilayah pertanian, karena masih ada lahan kosong lebih kurang 118 hektare lagi yang belum digarap. Ini perlu difikirkan bersama sama bagaimana lahan seluas ini bisa digarap sehingga masyarakat kita bisa berkembang dan mencukupi pangan dan benar benar bisa menjadi makmur masyarakatnya,” Jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi, ST.MT menambahkan dengan adanya lahan pertanian seperti saat ini, tentunya akses infrastruktur seperti jalan yang belom memadai perlu kita optimalkan dan diperbaiki. Adi Sukemi berharap agar kepala desa segera berkoordinasi dengan kepala daerah agar jalan yang rusak dapat diusulkan ke dalam musrenbang tingkat desa dan kecamatan sehingga akses jalan dapat diperbaiki dan mempermudah masyarakat.

Direktur PT. Riau Andalan Pulp & Paper Ali Sabri menyampaikan bahwa “Kami dari perusahaan memiliki program pertanian tanaman padi dan termasuk dalam kategori agriculture assistance yakni memberikan bantuan penyiapan lahan tanpa bakar kepada masyarakat untuk bertani. Setiap desa yang masuk dalam program akan kami bantu menyiapkan lahan seluas 20 hektar. Perlu diketahui bahwa pada tahun 2019 kami melakukan pembersihan lahan sesuai permintaan masyarakat melalui kepala desa yaitu: lahan di Desa Sungai Ara seluas 12 hektar untuk persawahan dan 8 hektar untuk tanaman sawit, lahan di Desa Pangkalan Terap seluas 5 hektar untuk lahan sawah dan 7 km untuk pembersihan pengairan sawah dan lahan di Desa Ransang seluas 20 hektar untuk kebun sawit.”

Ali juga menuturkan bahwa PT. Riau Andalan Pulp & Paper juga memberikan bantuan alat pertanian 3 unit hand tractor untuk tiga desa tersebut, agar setelah panen raya ini petani bisa mengolah kembali lahan pertanian nya dengan baik. Hal ini merupakan salah satu tujuan dari program lahan tanpa bakar serta desa bebas api.**

(MC/syafrizal/dyana)



Comment