Dedy Sambudi: Masyarakat yang diduga Suspect Corona Segala Pembiayaannya ditanggung Pemerintah

oleh -
Kepala Dinas Kesehatan Kampar: Dedy Sambudi SKM.M.Kes

BANGKINANG KOTA, Berseripos.com – Terhitung, total kasus positif virus corona (COVID-19) di Indonesia sampai saat ini bertambah menjadi 227 orang. Ada penambahan 55 kasus positif Corona di Indonesia dari hari sebelumnya.

Untuk itu, dalam upaya pencegahan masuknya virus corona di Bumi Serambi Mekkah nya Provinsi Riau, maka Dinas Kesehatan Kampar gencar melakukan tindakan preventif, seperti sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan diri serta lingkungan dari bahaya corona.


“Sampai saat ini kita sudah membuat edaran kepada seluruh kepala Puskesmas untuk mensosialisasikan ke masyarakat terkait pencegahan virus covid-19,” ucap H. Dedy Sambudi, S.KM, M.KES kepada pewarta diruang kerjanya, Rabu (18/03/2020) siang.

Dilanjutkan Dedy, dirinya juga sudah membuat surat keputusan kepala dinas tentang satuan tugas dalam rangka penanggulangan virus corona.

Selain itu, dirinya juga sudah menyebarkan himbauan Bupati Kampar agar melakukan upaya pencegahan dengan gerakan masyarakat hidup sehat.

“Saat ini kan, anak-anak sekolah sudah diliburkan, kita himbau masyarakat agar menjauhi ataupun mengurangi kegiatan keramaian,” ajak Dedy.

Dedy pun mengingatkan, agar masyarakat yang sakit batuk, flu untuk memakai masker, dan menjaga etika dalam bersin maupun batuk.

Diakui Dedy, sejauh ini belum ada ditemukan masyarakat Kampar yang suspek corona, kalaupun ada Pemkab Kampar telah menyiapkan ruangan isolasi di RSUD Bangkinang.

“Kita sudah menyiapkan 3 (tiga) ruangan isolasi di RSUD Bangkinang, Kalau kita temukan suspek di masyarakat, ada orang yang mengeluh sesuai gejala corona, dan dengan riwayat pernah berkunjung ke negara resiko, maka kita akan melakukan observasi dan akan dirujuk ke RSUD Bangkinang,” terangnya.

Dedy pun menyampaikan, bahwa selama perawatan diruang isolasi, maka masyarakat yang diduga suspect corona segala pembiayaannya akan ditanggung pemerintah.

Jika terjadi sesuatu hal yang berkaitan dengan gejala corona ataupun penyakit lainnya, masyarakat bisa melaporkan atau menghubungi hotline PSC (Public Safety Center) Kampar di nomor 0811-7699-119 agar bisa segera dilakukan penanganan medis.**


Comment