Sidang Via Online diterapkan di Kampar, Kejaksaan: Jaringan Internet Harus Stabil

oleh -

KAMPAR, Berseripos.com – Upaya-upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) masih terus dilakukan. oleh karena itu pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kampar melakukan uji coba Sidang secara via online melalui video conference. Selasa kemarin (24/3/2020).

Kepala Kejaksaan Kampar, Suhendri, melalui Kasi Pidana Umum, Sabar Gunawan mengatakan bahwa pihak Kejaksaan telah berkordinasi dengan pihak Pengadilan serta Lapas untuk melakukan uji coba sidang yang pertama kalinya ini dilakukan secara online dan akhirnya diterapkan.



“Saat ini pengalihan layanan tatap muka menjadi layanan daring (online) . Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang semakin meluas,” ujarnya kepada Berseripos.com.

Menurutnya, saat ini upaya-upaya pemerintah dalam pencegahan mesti kita dukung bersama. layanan online merupakan langkah cukup efektif dalam mencegah penyebaran virus yang saat ini sudah menjadi wabah di seluruh dunia.

“Jadi sidang itu di tempat masing-masing. Baik itu Hakim, Jaksa dan terdakwa hanya menggunakan video conference. Ini dilakukan sampai waktu yang ditentukan oleh pemerintah,” sebutnya

Ia menambahkan bahwa penerapan online juga memiliki kendala dalam melaksanakan sidang, sehingga sedikit sulit untuk berkomunikasi dengan pihak yang mengikuti.

“Kita memakai jaringan internet, kadang statusnya lemah atau tidak stabil, tapi tak apa, untuk saat ini itu langkah yang sangat efektif.” Jelas sabar.**(YD)



Comment