Inisiatif Mandiri, Warga di Kampar Semprot Desinfektan dari Rumah ke Rumah

oleh -

KAMPAR, Berseripos.com – Untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, Puluhan warga RW 1 dan RW 2 Dusun 1 Desa Ridan Permai Kecamatan Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar melakukan penyemprotan cairan desinfektan dari rumah ke rumah, Selasa (31/3/2020).

Inisiatif lawan penyebaran virus Covid-19 secara mandiri dilakukan oleh warga sekitar. Penyemprotan dilakukan secara manual dengan alat seadanya.


“Kita melakukan langkah-langkah pencegahan terhadap penyebaran Virus Covid-19 dengan mendatangi rumah-rumah warga sekitar,” ujar Kepala Dusun 1, Apriyaldi pada Berseripos.com.

Dijelaskannya, cairan desinfektan yang disemprotkan itu diracik sendiri atas petunjuk dari ahli kesehatan dengan bahan cairan yang mudah didapatkan.

“Cairan dibuat sendiri oleh warga dengan dibantu oleh pihak Desa Ridan Permai, tidak sulit untuk membuatnya,” beber Apriyaldi.

Menurutnya, aktivitas yang dilaksanakan dengan kesadaran secara swadaya masyarakat ini merupakan langkah awal dalam memutuskan penyebaran virus Corona. Dan kegiatan tersebut direspon positif oleh warga.

“Sejauh ini warga sangat mendukung upaya yang kita lakukan, apalagi ini salahsatu wujud untuk mengantisipasi pencegahan,” jelasnya

Lebihlanjut, Dirinya juga berharap agar masyarakat menanamkan pola hidup bersih, sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Ia juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat mengurangi aktifitas diluar rumah apalagi ditempat umum, dan selalu mengamalkan prilaku hidup bersih sehat.

“Saya harap seluruh pihak harus bekerja sama dalam pencegahan virus Covid-19, taati protokol kesehatan. ini merupakan tugas kita bersama,” pinta Apriyal.**(YD)


Comment