RSIA Norfa Husada Bangkinang Mampu Produksi APD Face Shield Untuk Tenaga Medis

oleh -
Foto: dr Patriot Fajri Rakasiwi

KAMPAR, Berseripos.com – Minimnya keterbarasan Alat Pelindung Diri (ADP) untuk mengantisipasi pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19, membuat para tenaga medis harus extra hati-hati dalam menjalankan tugas untuk melayani Pasien.

Oleh karena itu, pihak Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Norfa Husada Bangkinang berinisiatif secara mandiri melakukan pembuatan Alat Pelindung Diri (APD) berupa Face Shield yang akan dipakai oleh tenaga medis serta dibagikan ke sejumlah Puskesmas dan beberapa klinik.

Inovasi memproduksi sendiri APD untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit dengan tetap menerapkan standar yang telah disesuaikan.

Kepala Bidang Bidang Pelayanan RSIA Norfa Husada Bangkinang, dr Patriot Fajri Rakasiwi mengungkapkan bahwa dengan kelangkaan Alat Pelindung Diri (APD) pihak Norfa Husada mencoba mencari solusi dengan membentuk tim untuk membuat trobasan baru dengan membuat Face Shield untuk memenuhi kebutuhan bagi Tenaga medis yang ada di Rumah Sakit.

“Kami juga membagikan Face Shield ke sejumlah Puskesmas dan beberapa Klinik, Ini juga sebagai bentuk kontribusi Norfa Husada kepada daerah Kabupaten Kampar khususnya,” ujarnya pada Berseripos.com diruangan kerjanya Rabu (1/4/2020).

Dijalaskan dr. Raka, pembagian Face Shield kepada beberapa jaringan Puskesmas dan klinik sengaja dilakukan karena mereka salahsatu petugas medis digarda terdepan dalam menangani pasien tersebut.

Pihak Norfa Husada juga menargetkan pembagian lebih 100 APD ke sejumlah fasilitas kesehatan ternama di Kabupaten Kampar, namun hingga saat ini hanya 70 yang berhasil di bagikan.

“Target kami lebih dari 100 yang dibagikan. Dikloter pertama sudah dibagikan berjumlah 70, pembagian tersebut direspon positif oleh sejumlah Puskesmas dan Klinik yang menerima sebab mereka tidak memiliki APD. Ini sangat membantu,” jelasnya

Untuk diketahui, pihak Norfa Husada telah membagikan APD berupa Face Shield kesejumlah Puskesmas dan klinik yang ada di Kabupaten Kampar. Puskesmas dan klinik yang menerima adalah, Puskesmas Kuok, Puskesmas Salo, UPTD Binuang, Puskesmas Kampar Kiri, Puskesmas Kampar, Klinik dr. Junaidi, Klinik Dava Medika, Poliklinik Batalyon.

Bagi yang ingin belajar untuk membuat Alat Pelindung Diri (ADP), pihak Norfa Husada juga memberikan edukasi bagaimana cara pembuatannya.**(YD)

Comment