Kejaksaan Negeri Kampar Terima Berkas Perkara Minerba Dari Polda Riau

oleh -
Kepala Seksi Pidana Umum, Sabar Gunawan di Lokasi Penyimpanan Barang Bukti

KAMPAR, Berseripos.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kampar telah menerima pelimpahan (Tahap II) berkas perkara pertambangan mineral dan Batu Bara (Minerba) dari Kepolisian Daerah (Polda) Riau.

“Benar, hari ini kita telah menerima Tahap II dari Polda Riau untuk perkara Minerba dengan terdakwa berinisial AZ, yang pada saat ini baru selesai kita lakukan pemeriksaan,” ujar Kepala Seksi Pidana Umum, Sabar Gunawan pada berseripos.com, (30/4/2020), beberapa hari yang lalu.



Dia menyebutkan selain telah memeriksa Terdakwa, dalam perkara pertambangan Mineral dan Batubara yang diduga ilegal ini turut mengamankan barang bukti alat berat yang saat ini sudah berada di Kejaksaan Negeri Kampar.

“Berkas perkara dari penyidik Polda Riau hanya 1 orang.Terdakwa sudah diperiksa dan disangkakan dengan pasal 158 dengan undang-undang nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan Mineral dan Batubara terhadap kegiatan pertambangan tanpa izin dengan barang bukti berupa 1 unit alat berat dengan jenis Ekskavator merek Komatsu yang saat ini sudah kita sita dan kita amankan di tempat penyimpanan barang bukti,” jelasnya.

Lebihlanjut, Sabar menuturkan bahwa lokasi pertambangan Minerba masih berada di wilayah Kabupaten Kampar, tepatnya dialiran sungai Subayang Desa Domo, Kecamatan Kampar Kiri.

Dari informasi, proses penangkapan yang dilakukan oleh Polda Riau tersebut berdasarkan laporan dari masyarakat sekitar, sehingga tim bergerak langsung kelokasi untuk mengamanakan pelaku dan barang bukti.

“Ada laporan dari masyarakat lalu ditanggapi oleh teman-teman dari Polda Riau untuk dilakukan penangkapan dilokasi,” jelas Sabar.**(Yudha)



Comment