Lima Napi di Lapas Kelas IIA Bangkinang Terima Remisi Khusus Waisak

oleh -

KAMPAR, Berseripos.com – Nampaknya kebahagian terpancar dari raut wajah 5 orang warga binaan yang beragama Budha di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang, pasalnya selain bisa merayakan hari raya Waisak mereka juga mendapat Remisi Khusus. Hal tersebut berdasarkan dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik indonesia nomor: PAS-572.PK.01.01.02 Tahun 2020 tentang Remisi Khusus (RK) Waisak tahun 2020.

Kepala Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Bangkinang, Sutarno, mengungkapkan bahwa Pemberian Remisi Khusus (RK) Waisak Tahun 2020 bagi Narapidana dan Anak Pidana dilakukan setelah melewati proses atau yang telah memenuhi syarat, baik itu berkelakuan baik maupun sudah melewati proses adminitrasi.


“Kelima narapidana sudah melalui tahap dan proses, baik adminitrasi maupun subtantif, intinya bahwa yang bersangkutan berkelakukan baik dan tidak melanggar aturan, sehingga apabila sudah memenuhi syarat kita berikan remisi sesuai agamanya,” ujar Sutarno pada berseripos.com, Kamis (7/5/2020).

Ia juga menambahkan bahwa dari 1595 orang warga binaan yang ada hanya 5 orang saja yang mendapat remisi waisak, itupun sesuai dengan yang diajukan menurut kriteria yang sudah ditentukan.

Penyerahan Remisi Khusus waisak bagi narapidana dan anak pidana lapas Kelas II Bangkinang

Menurut Sutarno, pemberian remisi adalah bentuk nyata pelayanan yang diberikan oleh Lapas Kelas IIA Bangkinang kepada warga binaan, oleh karena itu dilakukan secara transparan tanpa ada pungli.

“Jadi setiap pelayanan yang kita berikan adalah bersih sesuai prosesnya. Narapidana yang mendapat remisi tidak tau, pada saatnya saja kita usulkan untuk mendapat remisi,” jelasnya.

Sutarno juga menyebutkan, pemberian remisi kepada narapidana bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri dan sekaligus memotivasi diri sehingga dapat mendorong kembali memilih jalan kebenaran

“Pemberian remisi jangan dianggap sebagai bentuk kemudahan bagi para warga binaan pemasyarakatan untuk cepat bebas, akan tetapi untuk memotivasi diri agar jauh lebih baik,” pungkasnya

Dari pantauan pewarta, Penyerahan Remisi Khusus waisak bagi narapidana dan anak pidana lapas Kelas II Bangkinang dilakukan di aula setempat,

Penyerahan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan dengan menerapkan Social Distancing. Remisi diserahkan secara simbolis oleh Kepala Lapas Kelas II Bangkinang.

“Kita berharap narapidana yang mendapat remisi tidak melakukan tindakan-tindakan yang melanggar aturan, tidak melakukan pelanggaran dan dapat menjadi contoh bagi yang lain. Apabila hal tersebut dilakukan hak remisi akan gugur,” ujar Sutarno usai menyerahkan remisi pada Narapidana.** (Yudha)


Comment