3 Tahanan Anak dibawah Umur Jalani Rapid Test di Kejari Kampar Riau

oleh -
Foto: Tenaga medis Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar melakukan uji cepat Rapid Test

KAMPAR, Berseripos.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kampar melakukan Rapid Test alias tes cepat untuk mendeteksi virus corona Covid-19 terhadap tiga orang tahanan anak dibawah umur yang terlibat dalam tindakan Pidana, Kamis (14/5/2020).

Rapid Test atau Tes cepat yang dilaksanakan di ruangan Kantor Kejari Kampar tersebut mendatangkan langsung beberapa tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar.



“Benar, pada hari ini kita dari Kejaksaan Negeri Kampar melakukan Rapid Test terhadap anak dibawah umur yang terlibat tindak Pidana. Adapun ketiga tahanan tersebut sebelumnya dititipkan di rutan Polres Kampar,” kata Kepala Seksi Pidana Umum, Sabar Gunawan, SH, MH pada Berseripos.com di ruangan kerjanya.

Rapid Test yang dilakukan oleh pihak Kejaksaan Negeri Kampar untuk memenuhi persyaratan dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) terhadap penitipan perkara anak yang sudah Inkrah di Pekanbaru. Salah satu persyaratan tersebut adalah melakukan Rapid Test pada yang bersangkutan.

Sabar menjelaskan pemberlakuan Rapid Test terhadap tahanan anak dibawah umur bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

“Ini diberlakukan baru-baru ini, itu dilakukan sekaligus untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19,” katanya.

Ia juga menuturkan tahanan yang dititipkan kepada Polres Kampar tersebut merupakan tahanan anak dengan perkara yang berbeda, namun disatukan untuk menjalani Rapid Test di Kejaksaan Negeri Kampar.

“Ketiga anak dibawah umur tersebut melakukan tindak pidana yang berbeda-beda, ada yang Narkoba, Pencurian dan perkara perlindungan anak,” jelasnya pada berseripos.

Karena ini syarat, kata Sabar, Kejaksaan harus memenuhi sebagai bentuk menaati peraturan, sebab pihak kejaksaan merupakan pihak eksekutor untuk menitipkan anak yang bermasalah dengan hukum di Lembaga Permasyarakatan Anak.

“Salahsatu syarat penting adalah Rapid Test. Ini dilakukan agar tahanan bisa kita titipkan ke Lembaga Permasyakatan Anak dan tidak lagi kita titipkan di rutan Polres Kampar,” pungkasnya.

Dari pantauan, selain ketiga tahanan anak dibawah umur, beberapa pegawai Kejaksaan Negeri Kampar juga turut melakukan Rapid Test.

Rapid Test dilakukan untuk Para pegawai Kejaksaan yang berinteraksi langsung dengan tahanan-tahanan.

“Pegawai-Pegawai yang berinteraksi langsung sengaja juga dirapid test, ini salahsatu upaya juga dalam mengantisiasi Penularan Covid-19,” jelas Sabar.** (Yudha)



Comment