Kejaksaan Negeri Kampar Gelar Rapid Test Terhadap 11 Tahanan

oleh -
Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar melakukan rapid test terhadap tahanan

KAMPAR, Berseripos.com – Kejaksaan Negeri Kampar melakukan rapid test Covid-19 terhadap tahanan dewasa yang akan dipindahkan dari Rutan Polres Kampar ke Lapas Kelas IIA Bangkinang.

“Kami bekerjasama dengan tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar melakukan rapid test terhadap 11 tahanan di Kejaksaan Negeri Kampar,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Kampar, Suhendri melalui Kepala Seksi Pidana Umum, Sabar Gunawan pada berseripos.com, Rabu (3/6/2020).



Sabar mengatakan, rapid test dilakukan menindak lanjuti surat dari Kementrian Hukum dan Hak Azasi Manusia nomor PAS-PK.01.01.01.679, apalagi Lapas sangat berhubungan dengan pihak Kejaksaan.

“Kita memastikan para tahanan dalam kondisi sehat, apalagi saat ini dalam masa pandemi Covid-19 sehingga hal tersebut menjadi tugas pihak Kejaksaan dalam melaksanakan tugas.” bebernya

Ia menjelaskan bahwa ke 11 tahanan tersebut berstatus sudah di putus perkaranya berdasarkan surat dari Kementrian Hukum dan HAM, oleh karena itu dilakukan pemindahan tahanan ke lembaga pemasyarakatan.

“Sebelum dipindahkan kita dari pihak Kejaksaan melakukan Rapid Test kepada para tahanan untuk memastikan tidak ada penyebaran virus Covid-19 dilingkungan Lapas Kelas IIA Bangkinang, sehingga penyebaran dapat dicegah,” bebernya

Dari hasil Rapid Test yang dilakukan terhadap para tahanan tersebut dinyatakan negatif. Selain itu Tim medis dari Dinas Kesehatan juga melakukan skrining suhu tubuh terhadap para tahanan dan mengedukasi para tahanan yang akan dipindahkan.

“Hasilnya negatif, kita berupaya untuk memastikan itu semua,” ulas Sabar.**(Yudha)



Comment