Kejari Kampar Terima Tahap II Perkara Narkoba

oleh -
Kasi Pidum Kejari Kampar, Sabar Gunawan.

KAMPAR, Berseripos.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kampar laksanakan Tahap II (terima pelimpahan tersangka dan penyerahan barang bukti) perkara Narkotika jenis Sabu – Sabu dari Polres Kampar, Rabu (10/6/2020).

Kepala Kejaksaan Negeri Kampar, Suhendri melalui Kasi Pidum Kejari Kampar, Sabar Gunawan mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima pelimpahan perkara narkotika dengan berat kotor 1,18gram. Setelah dilakukan penyisihan barang bukti didapati berat bersih 0,71gram dengan satu orang tersangka.



“Tersangka berinisial DP. Ia ditangkap oleh Tim Polres Kampar pada tanggal 7 maret sekira pukul 15.00 WIB di daerah jalan raya Pekanbaru-Bangkinang. Waktu diamankan oleh pihak berwajib tersangka tak bisa mengelak karena ditemukan barang bukti sabu-sabu, “ujar Sabar pada berseripos.com di ruangan kerjanya.

Dikatakannya, pelimpahan perkara jenis narkotika tersebut akan segera diproses segera, menginggat sampai saat ini sejumlah perkara didominasi oleh perkara narkotika.

“Kita sudah terima tadi berkas tahap II untuk segera diproses secepatnya,” ulas Sabar.

Sabar menjelaskan bahwa saat ini tersangka akan jerat dengan Pasal 114 Ayat 1 atau 112 Ayat 1 Undang-undang No 35 Tahun 2009, dengan ancaman hukuman pidana minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun.

Sejauh ini pihaknya juga menyesalkan tingginya perkara narkotika yang terjadi di Kabupaten Kampar, tingginya kasus tersebut hendaknya menjadi perhatian khusus bagi seluruh elemen masyarakat, sebab narkoba juga dapat merusak generasi bangsa.

“Jumlah pengungkapan kasus narkoba di Kabupaten Kampar cukup memperhatinkan, ini harus menjadi perhatian serius bagi seluruh pihak dalam memberantas narkoba,” tandasnya

Tercatat, pihak Kejaksaan lebih kurang menangani 80% kasus narkotika yang berada di wilayah Kabupaten Kampar, bahkan tak tanggung-tangung dalam kasus tersebut juga ada yang melibatkan anak dibawah umur.**(Yudha)



Comment