Pasca Penangkapan Terduga Teroris, Camat Intruksikan Kades Maupun Lurah Untuk Mendata Warga

oleh -
Camat Kampar, Alkausar didampingi oleh Sekcam serta Lurah Air Tiris, Ahmad Azhari.

KAMPAR, Berseripos.com – Pasca diamankannya terduga teroris yang dilakukan oleh Detasemen Khusus Anti Teror 88 Mabes Polri di Kelurahan Air Tiris, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, siang kemarin, Minggu (21/6/2020), Camat Kampar, Alkausar menghimbau kepada seluruh Kades maupun Lurah untuk mendata ulang warga yang tinggal di wilayah Air Tiris.

Hal itu ia ungkapkannya saat meninjau lokasi penangkapan terduga teroris di Kelurahan Air Tiris, Kabupaten Kampar, Senin (22/6/2020). Menurutnya pasca penangkapan tersebut pihaknya dari Kecamatan akan mengintruksikan seluruh Kepala Desa ataupun Lurah untuk mendata warga yang tinggal di wilayah setempat. Hal itu dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan.



“Kita akan mendata ulang seluruh warga yang ada di Kecamatan Air Tiris, artinya setiap warga yang tinggal di wilayah setempat agar dapat memperlihatkan tanda pengenal seperti KK, maupun KTP,” ujar Camat, Alkausar didampingi oleh Sekcam serta Lurah Air Tiris, Ahmad Azhari.

Menyikapi hal itu, Alkausar juga meminta agar seluruh Kades dan Lurah dapat mengaktifkan Pos Ronda disetiap wilayah yang ada, sebab hal itu merupakan salahsatu bentuk untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat setempat.

“Seluruh Kepala Desa dan Lurah juga harus melakukan pelaporan 1×24 jam terhadap warga, baik itu pendatang ataupun warga yang sudah lama guna untuk mencapai ketentraman di wilayah Air Tiris,” bebernya

Ia juga mengakui bahwa hal ini memang sama sekali tidak disangka, namun ia menganggap hal tersebut sebagai pembelajaran bagi pihaknya untuk lebih berhati-hati dalam mendata warga yang tinggal di Air Tiris.

“Ini menjadi pembelajaran bagi kita bersama, insyaallah hal ini tidak terulang lagi,” katanya

Selanjutnya Alkausar juga mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa maupun lurah agar menggiatkan sosialisasi ataupun himbauan kepada warganya untuk memahami hidup bermasyarakat.

“Kita akan melakukan himbauan-himbauan melalui bapak Kepala Desa maupun Lurah untuk menggerakan perangkatnya dalam menjalankan sosialisasi kepada masyarakat,” pungkasnya**(Yudha)



Comment