RSUD Bangkinang Rawat Satu Pasien Terkonfirmasi Covid-19

oleh -

KAMPAR, Berseripos.com – Nampaknya selama diberlakukan masa new normal, penularan Corona Virus Disease 2019 alias Covid-19 terus meningkat. Di Provinsi Riau saja tercatat pasien positif Covid-19 bertambah menjadi 27 orang dengan total menjadi 193, 67 orang masih dirawat, 117 orang sudah dinyatakan sembuh dan 9 orang meninggal dunia.

Hal tersebut di ungkapkan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Indra Yovi saat menggelar konfrensi pers di Posko Gugus tugas Balai Serindit, Selasa (23/6/2020). 



Dampak dari kenaikan tersebut juga terasa di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, pasalnya salahsatu pasien positif covid-19 tengah dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang.

Pasien positif corona itu di rawat bersama tiga pasien dalam pengawasan (PDP).

Direktur RSUD Bangkinang, dr. Asmara Fitrah Abadi, melalui Kepala Bidang Pelayanan dr. Firdaus mengungkapkan bahwa saat ini pihak rumah sakit RSUD Bangkinang tengah merawat empat pasien di ruang covid-19 yang terdiri dari 3 pasien dalam pengawasan dan satu orang pasien terkonfirmasi positif covid-19.

“Saat ini, untuk tiga pasien dalam pengawasan pihak rumah sakit sudah melakukan pengambilan swab Nasofaring dan Orofaring untuk kemudian dilakukan pemeriksaan real time PCR di laboratorium,” ujarnya pada pewarta, Selasa (23/6/2020).

Sementara itu, lanjut Firdaus, untuk pasien yang terkonfirmasi positif pihak Rumah Sakit juga sudah melakukan pengobatan dan perawatan serta dilakukan pemantauan secara rutin dan akan dilakukan swab berikutnya sampai yang bersangkutan dinyatakan sembuh.

“Yang terkonfirmasi positif kita lakukan pengobatan secara standar serta dilakukan pemantauan secara rutin terhadap pasien sampai benar-benar dinyatakan sembuh,” ulas Firdaus.

Disisi lain, terkait dengan masa new normal, Firdaus menyarankan agar masyarakat dapat melakukan beberapa hal dalam pencegahan penyebaran covid-19. Ia berharap masyarakat dapat menerapkan di kehidupan sehari-hari agar terhindar dari virus yang mematikan tersebut.

“Masyarakat dianjurkan selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun atau air yang mengalir dan yang paling penting hindari kerumuhan serta menjaga jarak fisik saat melakukan aktifitas di luar rumah,” pintanya.**(Yudha)



Comment