Diduga PT. Plaza Bangkinang Berhentikan Karyawan Secara Sepihak

oleh -

KAMPAR, Berseripos.com – Afrizal Yahya, alias Ujang Klewang, salah seorang karyawan PT. Plaza Bangkinang tak terima diakhiri hubungan kerjanya secara sepihak oleh pihak manajeman tanpa memberikan uang pesangon sebagai kompensasi pemberhentiannya selama berkerja di PT. Plaza Bangkinang.

Bahkan, yang membuat Afrizal meradang, alasan pemutusan hubungan kerjanya dinilai tidak masuk akal, sebab dirinya dianggap sudah mengundurkan diri secara suka rela tanpa paksaan, padahal ia tak pernah sekalipun membuat surat permohonan tersebut secara tertulis.



Ia menceritakan kisah tragisnya saat menerima surat kerja yang berisi kalimat pengunduran diri yang dikeluarkan oleh pihak manajemen PT. Plaza Bangkinang. Menurutnya ini adalah suatu ketidakwajaran yang ia terima.

“Ketika itu saya pernah dipanggil oleh pihak manajemen, disana ada Komisaris, Direktur Keuangan, Direktur Oprasional serta Manajer Oprasional. Saat itu juga saya dinyatakan dipersiapkan diri untuk masa pensiun. Kerena itu aturanya saya terima,” ujarnya kepada berseripos.com, Rabu malam (1/7/2020).

Afrizal mengaku terjut setelah menerima surat kerja yang berisi kalimat pengunduran dirinya yang dibuat langsung oleh pihak manajemen PT. Plaza Bangkinang. Ia tak menyangka surat tersebut ditujukan kepada dirinya dan sejumlah karyawan lainnya.

“Kalau masalah surat pengunduran diri saya juga sangat terkejut, sebab saya pada tanggal 30 kemarin berencana menyerahkan jabatan secara tertulis dengan yang menggantikan saya, karena saat itu mendesak pihak Admin istirahat maka saya minta izin kepada Manager Oprasional pak Aliyul untuk meminta surat keterangan kerja dan dipersilahkan, namun bukan surat keterangan kerja seperti biasanya yang didapat, akan tetapi surat keterangan kerja yang berisi kalimat pengunduran diri yang diberikan kepada saya,” bebernya

Tanpa banyak bicara, Afrizal yang menerima surat itu hanya bisa mengelus dada, ia saat itu merasa dizolimi oleh pihak manajemen PT. Plaza Bangkinang. Padahal menurutnya hal itu tak mesti terjadi, mengingat dirinya sudah lama bekerja disana.

“Ketika itu saya baca, lalu saya ambil dan tidak saya perpanjang lagi, saya tak banyak omong, saya bawa pulang saja,” bebernya dengan pilu.

Pria yang akrab dipanggil Ujang Klewang ini juga menduga selama ini apa yang dilakukan oleh pak Aliyul selaku Manager Operasional sangat diluar batas, sebab dia telah memberhentikan karyawan dengan modus mengeluarkan surat pengunduran diri.

“Saya juga sudah cek ke teman-teman lain ternyata juga sama,” jelasnya

Ditengah situasi pandemi covid-19, hendaknya pihak manajemen juga harus bijak menyikapi hal tersebut, sebab perekonomian masyarakat sangat terpuruk. Oleh karena itu Afrizal berharap rekan-rekan lainnya dapat bekerja seperti semula, sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.

“Jangan dibodoh-bodohi lagi,” ketusnya

Ia juga memberikan ultimatum keras terhadap pihak manajemen PT. Plaza Bangkinang untuk menyelesaikan persoalan ini. Apabila tidak terselesaikan dirinya tak segan-segan akan menyeret persoalan ini keranah hukum.

“Kalau tidak selasai saya akan membawa keranah hukum, kemanapun akan saya ikuti,” tandasnya.

Hingga berita ini terbirkan belum ada keterangan resmi dari manajemen PT. Plaza Bangkinang. Pihak manajemen belum terkonfirmasi.**(Yudha)



Comment