Antisipasi Penyebaran Covid-19, Seluruh Pegawai Lapas Kelas IIA Bangkinang Jalani Rapid Test

oleh -
Foto: Kepala Lapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno Jalani Rapid Test

Kampar, Berseripos.com – Sebanyak 91 pegawai Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas IIA Bangkinang dan 20 tahanan baru menjalani rapid test pada Rabu siang (26/8/2020).

Rapid test dilaksanakan di ruangan setempat oleh tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar mengikuti prosedur kesehatan.



Dengan memakai APD yang lengkap pihak tenaga medis memanggil Satu persatu pegawai untuk diambil sampel darahnya.

Kepala Lapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno saat dikonfirmasi mengatakan bahwa rapid test massal ini dilakukan menindaklanjuti Istruksi Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia untuk memastikan seluruh Pegawai Lapas tidak terpapar covid-19.

“Peningkatan penyebaran covid-19 sangat signifikan, oleh karena itu seluruh pegawai Lapas Bangkinang wajib menjalani rapid test sebagai langkah antisipasi pihak Lapas untuk mencegah penularan covid-19 di lingkungan Lapas,” ujar Sutarno saat dikonfirmasi Berseripos.com di ruangan Kerjanya. Rabu (26/8/2020).

Dikatakan Sutarno saat ini pihak Lapas Kelas IIA Bangkinang masih terus melakukan langkah-langkah dalam mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan Lapas. Hal itu terbukti dengan dilakukannya rapid test kepada 20 orang tahanan baru pada beberapa hari yang lalu.

“Kami harap seluruh pihak patuh dan disiplin melaksanakan setiap protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Nanti setelah seluruh pegawai selesai dilanjutkan dengan melakukan rapid test kepada tahanan baru,” jelasnya.

Ia juga mengintruksikan kepada seluruh pegawai Lapas agar selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sebab Lapas merupakan salah satu central pelayanan publik.

“Jadi setiap pegawai yang masuk ke Lapas Kelas IIA Bangkinang wajib ikuti protokol kesehatan tanpa terkecuali. Ini merupakan salah satu protapnya termasuk cek suhu tubuh,” pungkas Sutarno.** (Yudha)



Comment