Seluruh Pegawai Lapas Kelas IIA Bangkinang Jalani Swab Massal

oleh -
Foto: Kepala Lapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno jalani Swab.

Kampar, Berseripos.com – Sebanyak 87 pegawai Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas IIA Bangkinang jalani tes Swab massal pada Rabu siang (2/9/2020).

Swab massal bagi para pegawai dilaksanakan di ruangan setempat oleh tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar dengan mengikuti prosedur kesehatan.



Dengan memakai APD yang lengkap pihak tenaga medis memanggil Satu persatu pegawai untuk diambil sampel cairan dari hidung dan tenggorokan.

Swab massal juga dilakukan juga menindak lanjuti hasil rapid test yang telah dijalani oleh seluruh jajaran petugas Lapas Kelas IIA Bangkinang yang dilaksanakan beberapa hari yang lalu.

Kepala Lapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut, ia mengatakan bahwa pihaknya melakukan swab massal untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19 yang selama ini sudah menjadi wabah di seluruh wilayah indonesia khususnya di lingkungan Lapas Kelas IIA Bangkinang.

“Jadi sebelumnya seluruh jajaran petugas kita lakukan rapid test, dan hasilnya didapati ada 3 orang pegawai yang reaktif covid-19, akan tetapi setelah 3 orang tu dilakukan swab maka 2 orang dinyatakan negatif dan 1 orang dinyatakan positif,” ujarnya saat dikonfirmasi berseripos.com di ruangan kerjanya, Rabu (2/9/2020).

Dikatakannya, menanggapi hal tersebut saat ini petugas yang reaktif covid-19 masih dalam tahap pemulihan dan dikarantina di stanum, sehingga pihaknya masih terus melakukan langkah-langkah dalam mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan Lapas.

“Yang bersangkutan saat ini sudah diisolasi di stanum, kita dari Lapas masih terus lakukan pencegahan penyebarannya hingga sampai sekarang,” beber Sutarno.

Sutarno juga mengungkapkan bahwa menurut informasi yang didapat dari anggotanya yang positif covid-19, bahwa dalam riwayat perjalananya ia sudah melakukan perjalanan ke wilayah Sumatra Barat, sehingga diduga mungkin terpapar di daerah tersebut.

“Saya mendapat informasi dari yang bersangkutan, pada waktu hari libur cuti bersama yang bersangkutan pergi ke Sumatera Barat,” ungkapnya.

Hingga saat ini, imbuh Sutarno, dirinya tak bosan-bosan terus mengintruksikan kepada seluruh pegawai Lapas agar selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sebab Lapas merupakan salah satu central pelayanan publik.

“Yang pasti kita sudah tanamkan kepada semua anggota untuk secara disiplin melaksanakan protokol kesehatan, dan bagi anggota yang ingin keluar daerah harus bisa menahan diri, sehingga tidak ada penyebaran covid-19 di dalam Lapas Kelas IIA Bangkinang,” pungkasnya** (Yudha)



Comment