Berkas Perkara Oknum ASN di Kampar Telah Dilimpahkan ke Jaksa

oleh -
Jaksa Fungsional Wulan Widari Indah menerima pelimpahan tersangka dan barang bukti (Tahap II) dari Polres Kampar.

Kampar, Berseripos.com – Perkara penipuan yang melibatkan pasangan suami istri yang berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kampar telah memasuki babak baru, pasalnya Hari ini pihak Kejaksaan Negeri Kampar menerima pelimpahan tersangka dan barang bukti (Tahap II) dari Polres Kampar, Selasa (8/9/2020).

“Kita sudah terima pelimpahan berkas perkara dua orang tersangka dan barang buktinya siang tadi dari Polres Kampar,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Kampar, Suhendri melalui Jaksa Fungsional Wulan Widari Indah pada Berseripos.com, Selasa siang (8/9/2020).



Dijelaskan Wulan, dalam berkas perkara yang telah diterima oleh pihak Kejaksaan, kedua oknum ASN tersebut telah terlibat kasus penipuan ratusan juta rupiah dengan modus janji bantu masukkan anak korban menjadi pegawai negeri.

“Ini perkara dari Polres Kampar, perkara ini terkait tentang penipuan penerimaan CPNS, yang mana korban merasa tertipu dengan menyerahkan uang sebanyak Rp.165.000.000 dengan alih-alih terdakwa menjanjikan anak korban akan lulus CPNS di Dinas Perhubungan di Provinsi Riau,” jelasnya.

Wulan mengatakan Kedua onkum ASN yang diamankan oleh pihak Kepolisian tersebut adalah FE dan ME, mereka merupakan pasangan suami istri di Desa Salo Timur Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Mereka berdua diamankan saat berada di Daerah Rawamangun Jakarta Timur.

“Kedua Oknum tersebut ditangkap di Rawamangun Jakarta Timur, mereka tak bisa mengelak lantaran pihak Kepolisian mendapat laporan dari korban yang sudah ditipunya,” bebernya.

Menelaah berkas perkara yang diterima, Wulan mengatakan saat ini tersangka dijerat dengan altenatif yakni tindak pidana penipuan diatur dalam Pasal 378 KUHP, sedangkan tindak pidana penggelapan diatur Pasal 372 KUHP dengan ancaman penjara maksimal 4 tahun.

“Kita segera akan proses secepatnya kedua oknum ASN tersebut,” pungkas Wulan.**(Yudha)



Comment