Kejaksaan Negeri Kampar Lakukan Upaya Restorative Justice

oleh -

Kampar, Berseripos.com – Berbagai upaya dalam menyelesaikan perkara dengan cara yang persuasif masih terus dilakukan oleh pihak Kejaksaan Negeri Kampar, hal itu dilakukan sebagai bentuk menindaklanjuti peraturan Jaksa Agung nomor 15 tahun 2020 tentang penanganan hukum yakni Restorative Justice terhadap korban dan pelaku kejahatan.

Meski para pelaku telah melakukan perbuatan pidana yang tergolongan ringan namun langkah Restorative Justice dapat menyelesaikan kasus sehingga diharapkan mampu tercapainya keadilan bagi seluruh pihak tanpa harus berlanjut ke meja persidangan.



Hal itulah yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Kampar dalam menangani perkara ringan dengan cara humanis yang melibatkan pasangan suami istri sebagai tersangka dalam perkara pencurian yang terjadi di Desa Kota Garo, KecamatanTapung Hilir.

“Kita dari pihak Kejaksaan telah melakukan upaya mediasi perdamaian Restorative Justice atau menyelesaikan perkara sehingga diharapkan mampu tercapainya keadilan bagi kedua belah pihak tanpa harus berlanjut ke meja persidangan,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Kampar, Suhendri melalui Kasi Pidum, Sabar Gunawan, Kamis sore (10/9/2020).

Ia menjelaskan bahwa upaya Restorative Justice melibatkan pihak tersangka dan korban. Tersangka sendiri merupakan pelaku yang melakukan pencurian 3 tim rokok disalahsatu kedai grosir di Desa Kota Garo, KecamatanTapung Hilir, dan berkas perkara tersebut sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Kampar.

“Kedua belah pihak bersepakat untuk berdamai dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi, apalagi terdakwa juga belum pernah dihukum,” kata Sabar.

Dia juga menyampaikan bahwa Restorative Justice dilakukan sebagai langkah pihak Kejaksaan untuk menindaklanjuti peraturan Jaksa Agung nomor 15 tahun 2020 tentang penanganan hukum yang humanis.

“Selain untuk menjawab kebutuhan hukum bagi masyarakat, Restorative Justice juga berdasarkan ketentuan undang-undang yang memperbolehkan hal itu dilakukan,” pungkasnya.**( Yudha)



Comment