Jaksa Terima Berkas Perkara Curas yang Terjadi di Salo Kampar

oleh -
Foto: Jaksa Fungional Kejari Kampar, Deddy Iwan Budiono.

Kampar, Berseripos.com – Kasus dugaan pencurian disertai dengan kekerasan yang dilakukan oleh pria terhadap seorang wanita nampaknya memasuki babak baru, pasalnya siang tadi pihak Polsek Bangkinang Barat telah melimpahkan berkas perkara (Tahap II) ke Kejaksaan Negeri Kampar (Kejari) Kampar, Kamis (8/10/2020).

Hal itu dibenarkan Kepala Kejaksaan Negeri Kampar, Suhendri melalui Jaksa Fungional, Deddy Iwan Budiono. Ia menuturkan bahwa pada siang tadi sudah menerima Tahap II perkara pidana pencurian diserai kekerasan yang diantar langsung oleh tim penyidik dari Polsek Bangkinang barat.


“Benar penyidik dari Polsek Bangkinang barat mengantakan berkas perkara dengan tersangka seorang pria berinisial ITCR yang sangkakan telah melanggar pasal 365 ayat 2 ke 4 KUHP,” ujar Deddy saat dikonfirmasi Berseripos.com di ruangan kerjanya, Kamis (8/10/2020).

Pelimpahan berkas perkara yang diterima oleh pihak kejaksaan merupakan kasus dari pencurian diserai dengan kekerasan yang dilakukan oleh seorang pria terhadap seorang wanita yang mengakibatkan korban luka berat di Desa Siabu Kecamatan Salo. Atas kejadian itu pihak korban melaporkan hal tersebut ke pihak Kepolisan.

Berdasarkan laporan itu, pihak Kepolisian melakukan penyelidikan hingga berhasil mengamankan seorang pria berinisial ITCR yang diduga sebagai pelaku.

Dikatakan Deddy, dari berkas perkara yang telah ia diterima, peristiwa itu terjadi pada saat pelaku ingin menyadap karet dan melintasi rumah korban, lalu pelaku melihat korban sedang menggunakan HP dan kemudian timbullah niat pelaku untuk mengambil HP tersebut untuk dibawa.

“Jadi pada saat itu si tersangka masuk kedalam rumah dan mengancam di korban dengan sebilah parang untuk menyerahkan HP. Kemudian pada saat itu korban mencoba lari untuk menyelamatkan diri sambil berteriak minta tolong. Karena takut aksinya diketahui sontak saja tersangka tersebut melakukan pembacokan berkali-kali dengan parang yang sudah digengamnya kepada beberapa bagian tubuh korban,” beber Deddy menjelaskan kronologisnya dengan singkat.

Deddy menyebutkan saat ini tersangka sudah dititipkan di rutan Polres Kampar hingga menunggu proses persidangan.

“Menjelang persidangan kita letak di Polres Kampar dan nanti kita limpahkan ke Lapas Kelas IIA Bangkinang,” sebutnya.

“Tersangka kita jerat dengan pasal 365 ayat 2 ke 4 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun,” tegas Deddy sambil membaca berkas perkara.

Sebelumnya sempat diwartakan oleh redaksi berseripos.com terkait perihal perkara kekerasan yang terjadi di Desa Siabu, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar.

Kala itu pihak korban mendapat pendampingan hukum dari kantor hukum Boy Gunawan dan Associates pada tanggal 21 Agustus 2020 yang lalu.

Didit Bayu Prasetyo yang ditunjuk sebagai juru bicara mengungkapkan bahwa dirinya mengapresiasi langkah pihak Polsek Bangkinang Barat atas telah ditangkapnya seorang pria yang diduga sebagai pelaku pembacokan terhadap korban yang ia dampingi.

Atas tindakan brutal tersebut Didit menceritakan bahwa kliennya saat ini mengalami luka berat dan mengalami trauma mental, sehingga saat ini kliennya masih dalam tahap pemulihan.

Tragedi tersebut juga sempat menjadi perhatian H. Juswari Umar Said, SH, MH selaku Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kampar yang notabenenya juga berasal dari Advokat.

Ia menyampaikan rasa perihatin kepada warganya yang menjadi korban penganiayaan tersebut. Dirinya juga mengapresiasi langkah Polsek Bangkinang Barat yang bergerak cepat dan melakukan penangkapan terhadap pelaku.

“Harapan saya pelaku dapat dihukum setimpal dengan perbuatannya, yang menurut saya perbuatan itu sangat tidak terpuji dan bertentangan dengan hukum yang berlaku,” ungkapnya.** (Yudha)


Comment