Dosen Polbeng Lakukan Pengabdian Masyarakat kepada Unit Pengolahan Kuala Karya BUMDesa Kuala Alam Bengkalis

oleh -

Bengkalis, Berseripos.com – Dosen Politeknik Negeri Bengkalis melakukan pengabdian masyarakat kepada unit Pengolahan Kuala Karya BUMDES Kuala Alam pada Senin, (19/10/2020).

Pengabdian masyarakat ini sudah dilakukan sejak awal September. Adapun kegiatan pengabdian adalah terkait pelatihan penyusunan laporan keuangan milik BUMDES.


Badan Usaha Milik Desa atau BUMDES merupakan badan usaha yang dibentuk oleh pemerintah desa yang mana kegiatan usahanya disesuaikan dengan potensi yang dimiliki oleh desa atau kebutuhan masyarakat desa.

Dana BUMDES biasanya diperoleh dari pemerintah desa dan dalam hal ini, pihak BUMDES memiliki kewajiban untuk membuat laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban penggunaan aliran dana BUMDES kepada pemerintah desa setempat.

BUMDES Kuala Alam merupakan salah satu BUMDES yang ada di Kecamatan Bengkalis, tepatnya di desa Kuala Alam.

Saat ini, BUMDES Kuala Alam mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam produksi dan penjualan produk terutama unit usaha pengolahan Kuala Karya.

Irwan sebagai ketua unit pengolahan Kuala Karya menyatakan bahwa laporan keuangan sangat dibutuhkan agar upaya percepatan dan pengembangan unit pengolahan Kuala Karya dapat berjalan dengan lebih baik.

“Kegiatan pengabdian ini sangat membantu pihak BUMDES dalam memahami dan merancang laporan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan kami sebagai bentuk pertanggungjawaban kami kepada pemerintah desa serta masyarakat” Kata Irwan.

Sementara itu, tim pengabdian terdiri dari Nur Anita dan Novira Sartika yang merupakan Dosen Prodi Akuntansi Keuangan Publik dan dua orang mahasiswa diikutsertakan sebagai bentuk pembelajaran mengenai praktek penyusunan laporan keuangan BUMDES.

Novira Sartika mengatakan bahwa keberadaan laporan keuangan sangat penting untuk keberlangsungan usaha, selain itu laporan keuangan juga merupakan bentuk akuntabilitas dari BUMDES kepada Pemerintah Desa dan masyarakat serta besar perannya dalam menyajikan informasi-informasi penting mengenai keuangan BUMDES yang kemudian digunakan oleh pihak BUMDES untuk pengambilan keputusan di masa mendatang.

“Kami berharap kegiatan ini dapat membantu pihak BUMDES dalam menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan mereka, mengingat perputaran produk dan penjualan di BUMDES Kuala Alam saat ini sangat cepat. Oleh karena itu, laporan keuangan yang memadai sangat dibutuhkan agar pengelolaan aset dan kekayaan BUMDES dapat lebih baik lagi” Tambah Nur Anita.

Selain itu, Novira Sartika juga menambahkan bahwa dengan adanya laporan keuangan yang baik dan jelas akan memungkinkan BUMDES untuk memperbesar usahanya dengan membentuk kerjasama usaha dengan calon investor.


Comment