11 Tersangka Sindikat Curanmor Diserahkan ke Kejari Kampar

oleh -

Kampar, Berseripos.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kampar terima pelimpahan tahap II (penyerahan tersangka dan barang bukti) perkara pencurian dari Polsek Tapung Hilir. Kamis (22/10/2020).  Perkara pencurian tersebut merupakan sindikat pencurian sepeda motor yang berada di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Dari hasil penangkapan, petugas berhasil mengamankan 11 orang sebagai tersangka dan sejumlah barang bukti Sepeda Motor, dan Sepeda.


Kepala Kejaksaan Negeri Kampar, Suhendri Melalui Kasi Pidana Umum, Sabar Gunawan, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa penyerahan tersangka dan barang bukti perkara pencurian merupakan perkara yang ditangani oleh Polsek Tapung hilir yang melibatkan 11 orang sebagai tersangka.

“Jadi perkara pencurian ini sebelumnya ditanganin oleh Polsek dan diserahkan ke pihak Kejaksaan Negeri Kampar. Dalam hal ini terdakwa berinisial WY alias Y telah melakukan pencurian bersama teman-temannya,” ujar Sabar pada Berseripos.com di ruangan Kerjanya, Kamis (22/10/2020)

Menurut Sabar, perkara pencurian yang dilakukan oleh sindikat ini cukup terbilang rapi, sabab pencurian tersebut melibatkan banyak orang dan seperti sudah profesional dalam menjalankan aksinya.

Ia juga menjelaskan terkait dengan perkara tersebut pihaknya sudah menerima ke 11 orang tersangka beserta barang buktinya, namun dirinya tak menampik bahwa masih ada tersangka lain yang hingga saat ini masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Informasinya ada DPO masih dilakukan pencarian, sementara untuk barang bukti sudah kita terima berupa sejumlah Unit Sepeda Motor dan sepeda hasil pencurian di wilayah Kampar,” Kata Sabar.

Dari berkas perkara yang sudah diterima, Sabar mengungkapkan Kronologis berawal dari informasi masyarakat yang melihat postingan jual beli Sepeda Motor di Media Sosial Facebook. Dari postingan tersebut pihak Kepolisian melakukan investigasi mendalam untuk mengungkap sindikat perdagangan motor “gelap”,

“Setelah dilakukan pengembangan oleh penyidik dan dilihat bukti bukti yang ada, sepeda motor yang diposting disalah satu akun facebook itu sama dengan sepeda motor yang pernah hilang di wilayah Kabupaten Kampar khususnya diwilayah Polsek Tapung Hilir, oleh karena itu pihak Polsek langsung melakukan penangkapan,” terang Sabar menjelaskan.

Lebih lanjut, Sabar mengatakan para tersangka pencurian tersebut didominasi oleh warga Kampar, namun ada juga warga dari Kabupaten lain di Riau.

Ia juga menilai, perkara pencurian yang diterimanya merupakan sindikat yang rapi dalam melancarkan aksinya, pasalnya dari keterangan para tersangka masih ada teman-temannya yang masih berkeliaran.

“Ini merupakan sindikat pencurian yang sering beraksi di wilayah Kampar. Kita juga akan menjerat para tersangka dengan pasal 363. Saat ini para tersangka kita titipkan di Polres Kampar sampai menunggu jadwal persidangan,” jelas Sabar.** (Yudha)


Comment