Kunjungan Mahasiswa UP ke Kantor Kejari Kampar, Suhendri: Kita Beri Mereka Pemahaman

oleh -

Berseripos.com, Kampar – Mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Fakultas Hukum (FH) mengunjungi kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kampar, Kamis (05/11/2020) siang tadi.

Kunjungan ke Kantor Kejaksaan Negeri Kampar dilakukan guna lebih mengenal Jaksa sebagai pengacara negara, serta melihat langsung bagaimana mekanisme Pelimpahan berkas Perkara yang diterima Kejaksaan Negeri Kampar serta melihat langsung ruang sidang dan proses persidangan melalui virtual.


Mahasiswa yang datang langsung disambut oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kampar, Suhendri yang didampingi oleh sejumlah Jaksa Fungsional.

Dari pantauan pewarta, Para Jaksa memberikan pemahaman kepada belasan mahasiswa bagaimana tugas dan fungsi Kejaksaan sebagai salahsatu pihak penegak hukum.

Para Jaksa juga memberikan arahan serta memperkenalkan bahwa Kejaksaan tidak hanya berkutat mengenai pidana tetapi juga perdata dan juga tata usaha negara.

“Ini merupakan agenda penting bagi mahasiwa Universitas Pahlawan. Saya harap ini bisa menjadi manfaat khususnya bagi mahasiwa Fakultas Hukum,” ujar Suhendri pada berseripos.com, Kamis (05/11/2020).

Suhendri menjelaskan, tujuan ia memboyong Mahasiswa datang ke Kantornya merupakan salahsatu cara memberikan pahaman tentang bagaimana cara proses penanganan perkara dan praktek dalam melakukan penegakan hukum terutama terkait proses persidangan menjadi bahan diskusi guna mematangkan kesiapan dalam melakukan Praktek Peradilan Semu.

Menurutnya hal ini penting dilakukan agar mahasiswa nanti tidak bingung dan canggung dalam melaksanakan praktek peradilan semu.

“Itu tujuan utamanya. Hari Rabu besok saya akan kembali membawa para mahasiswa/i ke Pengadilan Negeri Kampar untuk melihat secara jelas alur proses persidangan,” kata Kajari yang juga Dosen Fakultas Hukum mata kuliah Penanganan Perkara Pidana di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Ia juga berharap dengan dilakukan kegiatan ini Mahasiswa dapat lebih mengenal dan memahami secara mendalam tehnik dan tata cara dalam pengananan perkara hingga pada pelaksanaan eksekusi perkara sesuai Hukum Acara yang berlaku.

Sebelumnya, sejumlah mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Fakultas Hukum sempat melakukan kunjungan ke lembaga-lembaga penegak hukum lainnya.

Mahasiswa juga sempat berkunjung ke Polres Kampar untuk mengetahui bagaimana proses dan alur penyelidikan, penyidikan, hingga pemberkasan. Dan dilanjutkan berkunjung ke salahsatu Kantor Penasehat Hukum yang ada di Kabupaten Kampar.**(Yudha)


Comment