Debit Air Mulai Naik, Manager PLTA Koto Panjang Himbau Masyarakat Tetap Waspada

oleh -

Berseripos.com, Kampar – Dengan meningkatnya curah hujan di wilayah Sumatera barat (Sumbar) – Riau, pihak pengelola PLTA Koto Panjang meminta masyarakat disepanjang aliran sungai Kampar agar selalu meningkatkan kewaspadaan.

Himbauan tersebut dikhususkan kepada masyarakat yang tinggal di bantaran aliran sungai Kampar, terutama yang beraktivitas di hilir sungai.

Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munawar, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya menghimbau agar masyarakat tetap selalu waspada mengingat curah hujan yang cukup tinggi. Hal itu sesuai dengan prediksi cuaca dari Badan Meteorogi, Klimatogi dan Geofisika (BMKG) bahwa beberapa waktu ke depan curah hujan masih tergolong tinggi, sehingga menyebabkan kenaikan elevasi air waduk PLTA Koto Panjang.

“Masyarakat saya himbau agar selalu waspada, khususnya yang tinggal di bantaran aliran sungai kampar,” ujarnya pada Berseripos.com melalui sambungan WhatsApp, Senin 23 November 2020.

Cecep menjelaskan dengan meningkatnya curah hujan yang cukup tinggi pihaknya terus melakukan monitoring, sebab saat ini debit air sudah mulai naik.

“Curah hujan yang tinggi mulai berpengaruh, saat ini elevasi sudah mulai naik. Sekarang di elevasi 79.41 mdpl,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih belum berencana untuk membuka pintu pelimpahan air waduk (spillway gate), sebab hingga saat ini debit air masih belum terlalu berpengaruh.

“Untuk saat ini belum ada rencana,” ulas Cecep.** (Yudha)

Comment