Ketua DPRD Kampar Apresiasi Program Menanam 20.000 Pohon Yang Diinisiasi Kodim 0313/KPR

oleh -

Berseripos.com, TAPUNG – Dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2020 sekaligus melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya kerusakan lingkungan, Kodim 0313/KPR  bersama masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan (KTH) SEBAR melaksanakan penanaman 20 ribu pohon dan penghijauan di ruas jalan poros Desa Muktisari Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Riau Sabtu (28/11/2020).

Acara gerakan menanam pohon 2O ribu batang secara serentak ini juga di hadiri oleh Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal ST, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Leo Octavianus MS S. Sos, M. Pol, Kapolres Kampar yang di wakili Kapolsek Tapung Kompol Sumarno, Kepala BPDASHL Indragiri Rokan, Perwakilan dari KLHK , CamatTapung Amri Yudo beserta para pengurus Kelompok Tani Hutan (KTH) Sebar dan masyarakat Desa Muktisari Kecamatan Tapung.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Kampar Muhammad Faisal ST sangat mengapresiasi dan berharap program yang diinisiasi Kodim 0313/KPR ini bisa menjadi contoh bagi desa dan kecamatan lainnya.

“Program ini sungguh luar biasa, sangat bermanfaat sekali. Kita melihat hampir disemua daerah kita menemukan lingkungan yang mulai rusak dan tidak hijau,” ungkapnya

Lebih lanjut Politisi Partai Gerindra ini mengajak seluruh masyarakat untuk banyak menanam tumbuhan yang bertujuan melestarikan alam.

Sementara itu Dandim 0313/KPR Letkol Inf Leo Octavianus M Sinaga S. Sos, M.I.Pol menyampaikan bahwa kegiatan penanaman 20 ribu batang pohon hari ini dilakukan secara serentak di tiga Kabupaten yakni Kabupaten Kampar, Pelalawan dan Rokan hulu.

“Gerakan menanam pohon serentak merupakan Program pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungwn Hidup dan Kehutanan(KLHK) untuk mengembalikan fungsi hutan dalam rangka rehabilitasi dan melestarikan hutan di Indonesia,” terangnya.

Diakhir pidatonya, Leo juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi dan mendukung terlaksananya acara penanaman serentak pohon hari ini.

Hal senada juga di sampaikan Kepala BPDASHL Indragiri Rokan Tri Esti Indarwati dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kebun Bibit Desa Desa Muktisari merupakan KBD terbaik se Indonesia karena sudah di tinjau langsung dan di kunjungi oleh Menteri LHK RI.

“Ini merupakan contoh kolaborasi positif antara pemerintah Daerah, Legislatif, Kodim 0313/KPR dan masyarakat yang tergabung KTH Sebar yang telah berperan pro aktif dalam melaksanakan program ini,” tutur Tri Esti

Pada kesempatan ini juga Ketua DPRD bersama Dandim 0313/KPR beserta pejabat yang hadir melaksanakan kegiatan penanaman pohon secara simbolis di areal yang tidak jauh dari Kebun Bibit Desa( KBD) yang ada di desa Muktisari

Kegiatan penanaman pohon penghijauan bertemakan ” Hutan Lestari Muktisari Asri Riau Hijau Indonesia Jaya” secara serentak dari berbagai jenis tanaman hari ini dilakukan oleh seluruh anggota Kodim 0313/KPR dan masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Hutan(KTH) SEBAR di tempat tempat yang sudah di tentukan.**

Comment