PT. Tasma Puja Serahkan SKT Ganti Rugi Lahan Restorasi Kampa ke Bupati Kampar

oleh -
Foto: Direski Ketut Sukarwa Serahkan SKT yang telah dibebaskan kepada Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto didampingi Salah Seorang Ninik Mamak.

Berseripos.com, KOTO PERAMBAHAN – PT. Tasma adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit serta pabrik pengolahan minyak. Perusahaan ini terletak antara dua wilayah Kenegerian, yang pertama wilayah adat kenegerian Kampa, Kecamatan Kampa dan wilayah erapatan adat kenegerian Rumbio, Kecamatan Kampar.

Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Tasma Puja pada hari, Jumat (11/12/20)
Menyelesaikan tangungjawabnya dengan
membebaskan lahan seluas, 3019 m², milik Masyarakat Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampa. Dengan nila Uang sebesar RP 235 Juta untuk Pengembagan pembagunan Restorasi Kesultanan Kampa.

Perusahaan Tasma Puja juga menyerakan Langsung Surat SKT kepada Bupati Kampar H.Catur Sugeng Susanto.SH, yang diserahkan langsung Oleh Ketut sukarwa direksi didampinggi juga oleh sahrul MD. Kebun dan Dedi H siregar manager Kebun Sungai Kuamang juga Tampa ikut Plh Humas Yenhudri Dewak.

Direksi Ketut Sukarwa mengatakan bahwa hal itu dilakukan demi mempercepat program pembangunan infrastruktur Pemerintah Kampar serta bertujuan untuk mengsukseskan program Pemerintah Kabupaten Kampar yang dipimpin bapak Bupati Kampar H.Catur Sugeng Susanto.SH.

“Dengan proses pembebasan lahan yang cepat dan efektif, maka pembangunan infrastruktur pun bisa semakin cepat dan berdampak positif bagi masyarakat setempat. Infrastruktur akan membuat ekonomi di Kenegerian Kampa dan Khsusnya masyarakat setempat semakin kuat dan akan berdampak positif, termasuk bagi warga yang terkena pembebasan lahan,” ujar Ketut Sukarwa Disela-sela penyerahan SKT

Ia juga mengungkapkan, pelaksanaan program CSR Ini adalah kegiatan yang bersinergi dengan program Pemkab Kampar. yaitu pembangunan berkelanjutan sebagai upaya untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat adat yang ada di Kabupaten Kampar serta ikut berperan serta dalam melestarikan fungsi lingkungan masyarakat adat kenegrian di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Selain bersinergi dengan program pemkab kampar, PT. Tasma Puja juga terus mengadakan kegiatan yang bersinergi dengan pemangku adat, hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat adat yang ada di kenegerian Kampa serta ikut berperan serta dalam melestarikan fungsi lingkungan masyarakat adat kenegrian Kampa kabupaten Kampar.

Ketut juga menjelaskan peran ninik mamak atau pemangku adat vital untuk mendorong pembangunan dan pengembangan Negeri/ Desa, sebab posisinya bersentuhan langsung dengan keluarga dalam tataran adat.
“Pembangunan negeri tidak hanya tugas dari perangkat pemerintahan, namun juga semua pihak termasuk ninik mamak yang dalam tataran adat sangat dihormati,” tukasnya.**

Reporter: Hasbi Ocu

Comment