Sebanyak 42 Tahanan Jalani Rapid Test di Kejari Kampar

oleh -
Foto: Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Kampar, Sabar Gunawan, SH,.MH di Ruang Tahanan. (Dokumentasi Berseripos.com)

Berseripos.com, Kampar – Kepala Kejaksaan Negeri Kampar, Suhendri melalui Kasi Pidum Sabar Gunawan mengungkap bahwa pihaknya hari ini melakukan pemindahan tahanan dari Polres Kampar menuju Ke Lapas Kelas IIA Bangkinang.

Pemindahan dilakukan setelah ada status A3 dari pihak Pengadilan Negeri Bangkinang.

Oleh karena itu, sebagai upaya deteksi dini penyebaran Covid-19, pihaknya melakukan rapid test terhadap tahanan tersebut.

“Jumlahnya ada 42 orang, semua tahanan jalani rapid test dulu sebelum dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Bangkinang,” ujar Sabar saat dikonfirmasi berseripos.com, Senin 14 Desember 2020.

42 Tahanan Tiba di Kejaksaan Negeri Kampar.

Menurutnya, rapid test sengaja dilakukan karena sebagai langkah awal mendeteksi dini dalam mencegah terjadinya penyebaran covid-19 serta merujuk pada himbauan Kemenkumham.

Himbauan Kemenkumham sendiri menjelaskan bahwa setelah tahanan dilakukan rapid test baru dilimpahkan ke Lapas setelah berstatus A3.

“Ini juga himbauan Kemenkumam, serta langkah awal dalam mendeteksi dini. Nanti apabia ada hasilnya yang reaktif juga akan diserahkan ke Pihak Lapas Bangkinang untuk menjalani isolasi mandiri selama 14 hari,” bebernya.

Diketahui, dalam 42 tahanan itu terdiri dari 40 tahanan pria dan 2 tahanan wanita. Mereka dilakukan rapid test secara bergiliran oleh pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar.** (Yudha)

Comment