Puluhan Napi di Lapas Bangkinang Dapat Remisi, Berikut Rinciannya

oleh -
Foto: Penyerahan Remisi Khusus Hari Raya Natal di Lapas Kelas IIA Bangkinang.

Berseripos.com, Kampar – Perayaan Hari Raya Natal 25 Desember 2020 menjadi berkah tersendiri bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) di lingkungan Lapas Kelas IIA Bangkinang, pasalnya sebanyak 72 warga binaan mendapatkan pengurangan masa tahanan atau remisi khusus.

Pemberian remisi khusus diberikan kepada narapidana kristiani yang telah memenuhi syarat atau sudah menjalani pidana lebih dari enam bulan.

Kepala Lapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno menjelaskan bahwa pihaknya memberikan remisi kepada warga binaan yang sudah memenuhi syarat antara lain berkelakuan baik selama di rutan.

“Warga binaan sudah memenuhi syarat kita berikan remisi, semua ada 72 orang. Mereka semua berkelakuan baik untuk mengikuti pembinaan yang diselenggarakan oleh pihak Lapas Kelas IIA Bangkinang,” ujar Sutarno saat dikonfirmasi berseripos.com, Jumat 25 Desember 2020.

Menurutnya, remisi yang diberikan merupakan hak bagi setiap wargabinaan yang menjalani hukuman, sebagaimana diatur pada pasal 14 ayat 1 UU No. 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

“Ini juga wujud apresiasi dari pemerintah terhadap narapidana yang merayakan hari besar keagamannya. Hal ini juga selaras dengan
sistem pemasyarakatan yang melihat pemidanaan harus mengedepankan aspek pendekatan pembinaan,” sebutnya.

Ia juga mengatakan dengan diberikannya remisi kepada warga binaan merupakan momentum titik balik hijrahnya para WBP untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

“Ini merupakan momentum bagi semua wargabinaan agar terus berkelakuan baik selama di dalam Lapas, sehingga nanti setelah bebas bisa menjadi manusia mandiri, tidak mengulangi tindak pidana, dan dapat ikut berpartisipasi dalam pembangunan di masyarakat, sesuai dengan tujuan sistem pemasyarakatan,” terangnya

Berikut rincian wargabinaan Lapas Kelas IIA Bangkinang yang mendapat Remisi.

1. Mendapat 15 hari: 5 orang
2. Mendapat 1 Bulan: 53 orang
3. Mendapat 1 Bulan 15 hari: 14 orang

Jenis Perkara:

1. Perlindungan Anak: 28 orang
2. Narkotika: 15 orang
3. Pencurian: 7 orang
4. Pembunuhan: 8 orang
5. Penganiayaan: 3
6. Lain – lainya: 11 orang

(Yudha)

Comment