Kamar Napi Digeledah Malam Hari, Kalapas Bangkinang: Ini Razia Insidentil

oleh -
Foto: Petugas Menggeledah Kamar Napi di Lapas Kelas IIA Bangkinang.

Berseripos.com, Kampar – Satuan Oprasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang menggelar razia insidentil di kamar warga binaannya pada Selasa malam, sekitar pukul 21:00 WIB. Selasa 29 Desember 2020.

Penggeledahan dilakukan demi mewujudkan komitmen bersama dalam upaya membersihkan barang-barang terlarang di dalam Lapas Bangkinang.

“Biasanya kalau razia rutin sering kita lakukan, namun kali ini beda, ini merupakan operasi dadakan yang kita lakukan dan bersifat insidentil, jadi mendadak saja tidak dijadwalkan,” kata Kalapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno pada berseripos.com, Selasa malam (29/12/2020).

Menurutnya, penggeledahan dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi serta mendeteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas Bangkinang. Penggeledahan juga dilakukan secara acak agar warga binaan tidak mengetahui operasi dilaksanakan pada malam hari.

“Kita lakukan penggeledahan terhadap napi tertentu saja dan sesuai sampel, khususnya napi yang resisten dengan narkotika,” bebernya.

Sejumlah Napi Turut digeledah di Lapas Kelas IIA Bangkinang.

Selain untuk menargetkan pembersihan narkoba, pihak Lapas juga merazia barang-barang yang dianggap sebagai barang terlarang di dalam Lapas Bangkinang, seperti HP, senjata tajam dan barang terlarang lainnya.

“Bukan narkoba saja, tapi barang-barang yang dianggap berbahaya juga kita amankan jika ditemukan,” kata Sutarno.

Sedikitnya, pihaknya sendiri menurunkan sejumlah personil dalam operasi insidentil ini. Operasi tersebut juga langsung dipimpin oleh Kalapas Bangkinang yang didampingi oleh Ka KPLP, Novindra beserta jajaran pengamanan.

Dalam operasi itu, pihak satuan tim yang bertugas juga berhasil mengamankan sejumlah barang-barang dari setiap kamar warga binaan yang digeledah. Pihaknya bergerak cepat untuk mengamankan barang-barang tersebut.

“Kami temukan HP, Charger, gunting, dan sendok almunium. Sedangkan untuk narkoba nihil, tidak ada kami temukan,” jelas Kalapas Bangkinang, Sutarno.** (Yudha)

Comment