Fenomena Tanah Bergerak, Puluhan Rumah Rusak dan Warga Mengungsi

oleh -

BERSERIPOS.COM – Bencana tanah bergerak terjadi di Dukuh Sambungregel, Desa Manggis, Kecamatan Sirampog, Jawa Tengah. Bangunan rumah mengalami retak, sebagian tembok hancur, sejumlah bangunan semi permanen juga rusak berat sehingga tidak layak untuk ditempati lagi.

Tak hanya itu, jalan pemukiman juga retak akibat tanah bergerak yang memaksa warga ekstra hati hati saat melintas. Kepala Desa (Kades) Manggis, Masruri menuturkan, tanah bergerak terjadi sejak tiga hari terakhir.

“Saat pertama kali terjadi hanya beberapa rumah yang terdampak namun sekarang yang rusak akibat tanah bergerak mencapai 16 rumah,” tutur Masruri, Jumat (15/1/2021).

Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, warga terpaksa mengungsi ke rumah sanak saudara terdekat.

“Ada lebih 30 warga kami yang terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman di rumah sanak saudara,” ujar Masruri.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes juga telah mendirikan tenda darurat di lokasi kejadian dan menyalurkan bantuan berupa bahan makanan.

“Bantuan juga datang dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Brebes berupa uang tunai dan sejumlah peralatan sehari hari,” ucap Masruri.

Karena intensitas hujan yang cukup tinggi masih sering terjadi, warga diminta untuk selalu waspada karena kemungkinan tanah bergerak bisa terjadi kapan saja.**

Sumber: https://m.mediaindonesia.com/nusantara/377391/tanah-bergerak-di-brebes-belasan-rumah-rusak-warga-mengungsi











Comment