Tahanan Narkoba Jalani Rapid Test, Jaksa Ungkap Penyebabnya

oleh -
Foto: Tenang Medis Dinas Kesehatan Lakukan Rapid Test Terhadap Tahanan.

BERSERIPOS.COM, Kampar – Sebanyak 16 orang tahanan yang terlibat dalam perkara narkotika akhirnya diserahkan ke Kejaksaan Negeri Kampar pada Kamis siang lalu, (21/1/2021).

Para tahanan tersebut merupakan hasil penangkapan oleh pihak Kepolisian Resor (Polres) Kampar beserta jajarannya.

Ke 16 tahanan langsung menjalani rapid test saat tiba di Kantor Kejaksaan Negeri Kampar.

Satu persatu para tersangka dicek kesehatannya oleh Tim medis yang sudah dipersiapkan oleh pihak Kejaksaan Negeri Kampar.

Usai menjalani protokol kesehatan yang ketat, para tersangka secara bertahap diperiksa oleh tim dari Jaksa Penuntut umum.

“Kita lakukan protokol kèsehatan yang ketat salahsatunya dengan melakukan rapid test. Hal itu dilakukan sebagai upaya mendeteksi dini penyebaran Covid-19,” ujar Kajari Kampar, Suhendri melalui Kasi Pidum, Sabar Gunawan dalam keterangan tertulis, Jumat 22 Januari 2021.

Ia mengatakan bahwa para tersangka yang menajalani rapid test merupakan tahanan yang berstatus A3 dari pihak Pengadilan Negeri Bangkinang serta tahanan yang telah berkekuatan hukum tetap (Inkracht).

“Jumlahnya ada 16 tahanan, rapid test sengaja dilakukan karena merujuk pada himbauan kemenkumham serta sebagai langkah awal mendeteksi dini dalam mencegah terjadinya penyebaran covid-19.

Himbauan Kemenkumham sendiri menjelaskan bahwa setelah tahanan dilakukan rapid test baru dapat diterima oleh pihak ke Lapas dengan hasil non reaktif.

“Tadi hasilnya non reaktif semua. Tahanan itu selama ini berada di Polres Kampar dan akan dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Bangkinang,” sebut pria yang pernah bertugas di Meranti itu.** (Yudha)

Comment