Siap-Siap, Nakes dan Sejumlah Tokoh di Kampar Akan Dijadwalkan Kembali Untuk Divaksin

oleh -
Ilustrasi Vaksin Virus Corona COVID-19. (File foto: AFP / John Cairns)

BERSERIPOS.COM, Kampar – Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas Kesehatan akan kembali menjadwalkan vaksinasi Covid-19 untuk ratusan tenaga kesehatan di daerah setempat. Namun hal itu perlu kordinasi antara Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“Kita masih koorsinasikan dengan forkopimda untuk menentukan jadwal vaksinasinya, secepat kita akan lakukan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kampar, Dedy Sambudy melalui keterangan tertulis, Minggu malam 24 Januari 2021.

Dia mengatakan bahwa dalam pemberian vaksinasi, tenaga kesehatan merupakan prioritas yang paling utama untuk menjalani vaksinasi, sebab tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dalam proses penanganan terhadap coronavirus (Covid-19).

Sejauh ini, Dedy merincikan secara detail jumlah tenaga kesehatan yang akan dilakukan vaksinasi, namun dirinya mengakui tidak seluruh nakes yang akan menjalani vaksinasi, sebab ada pertimbangan dalam pemeriksaan (Screening) kesehatan yang harus dilalui.

“Total Nakes di Kabupaten Kampar ada sekitar 2467 orang, namun tidak semua dilakukan vaksinasi. Semua melalui tahap skrining. Yang akan menjalani vaksinasi ada 767 orang Nakes, sementara yang ditunda 452 Nakes dan 652 tidak diberikan karena tidak lolos skrining. Selanjutnya sisanya akan lakukan pendataan ulang untuk diperiksa,” bebernya.

Kata Dia, dari seluruh Nakes yang ditunda vaksinasinya, pihak pemerintah juga akan kembali menjadwalkan ulang untuk dilakukan vaksinasi, tentunya hal itu juga melalui pertimbangan kondisi Nakes itu sendiri.

“Kalau hasilnya ditunda berarti masih bisa kita berikan setelah ada perbaikan kondisi Nakes,” ucap Dedy.

Ia juga menyebut ada sejumlah kriteria yang harus dilalui untuk dapat diberikan vaksin sinovac tersebut, namun sejumlah kriteria itu haruslah terpenuhi secara keseluruhan.

“Ada 16 kriteria untuk dapat diberikan vaksin. Nah dari 652 nakes yang tidak diberikan vaksin itu artinya mereka tidak lolos skrining dan tentunya ada kriteria yg tidak terpenuhi,” ungkapnya.

Terkait dengan sejumlah tokoh Kampar yang akan dilakukan vaksinasi, kata dia, pihaknya juga akan berkordinasi untuk mencari jadwal agar para tokoh tersebut menjalani vaksinasi. Ia juga berharap para tokoh tersebut dapat vaksin dalam minggu ini,

“Lagi dijadwalkan, semoga minggu ini bisa kita lakukan,” jelas Dedy

Sebelumnya, Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto bersama sejumlah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) batal menjadi penerima vaksin yang dijadwalkan pada beberapa minggu yang lalu.

Hal itu diketahui saat sejumlah tokoh lainnya menjalani pemeriksaan (Screening) kesehatan sebelum dilakukan vaksinasi.

Tidak dapatnya divaksinasi sejumlah tokoh ini disebabkan karena adanya sejumlah permasalahan kesehatan, seperti tensi darah tinggi dan ataupun sedang melakukan terapi atau mengkonsumsi obat tertentu.** (Yudha)











Comment