25 Tahanan Dipindahkan Ke Lapas Kelas IIA Bangkinang

oleh -
Tahanan yang Akan Dipindahkan Ke Lapas Kelas IIA Bangkinang.

BERSERIPOS.COM, Kampar – Kejaksaan Negeri Kampar mengungkapkan bahwa pihaknya hari ini melakukan pemindahan tahanan dari Polres Kampar menuju Ke Lapas Kelas IIA Bangkinang.

Pemindahan itu dilakukan setelah ada status A3 dari pihak Pengadilan Negeri Bangkinang dan berkekuatan hukum tetap (inkracht).

“Kita melakukan pemindahan hari ini, Ada 25 tahanan yang kita pindahkan dari rutan Polres Kampar ke Lapas Kelas IIA Bangkinang,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Kampar, Suhendri, melalui Kasi Pidum, Sabar Gunawan, Rabu 3 Februari 2021.

Sabar membeberkan, selain 25 tahanan yang dipindahkan ke Lapas Bangkinang, ada juga sejumlah tahanan anak yang berhadapan dengan hukum. Keterlibatan anak dibawah umur tentunya membedakan tempat mereka untuk ditahan sehingga tidak di limpahan ke Lapas Bangkinang.

“Jumlahnya ada 30 orang tahanan. Yang dilimpahkan ke Lapas Bangkinang ada 25 orang, sementara 5 orang anak berhadapan dengan hukum kita akan pindahkan ke Lembaga pembina untuk anak yang ada di Rumbai,” ulasnya.

Sejumlah tahanan anak yang beradapan dengan hukum merupakan tahanan yang sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht). Oleh karena itu pihak Kejaksaan berencana akan memindahkan tahanan sesegera mungkin.

Berkaitan dengan keamanan kondisi kesehatan, kata Sabar, seluruh tahanan yang akan dipindahkan terlebih dahulu dilakukan rapid test. Hal itu dilakukan untuk mendeteksi secara dini penyebaran covid-19 terhadap tahanan.

“Rapid test sengaja dilakukan karena sebagai langkah awal mendeteksi dini dalam mencegah terjadinya penyebaran covid-19 serta merujuk pada himbauan Kemenkumham,” paparnya.

Menurut Sabar, Himbauan Kemenkumham sendiri menjelaskan bahwa setelah tahanan dilakukan rapid test baru dilimpahkan ke Lapas setelah berstatus A3 atau telah berkekuatan hukum tetap atau inkracht.

“Ini juga himbauan Kemenkumam, serta langkah awal dalam mendeteksi dini. Nanti apabia ada hasilnya yang reaktif juga akan diserahkan ke Pihak Lapas Bangkinang untuk menjalani isolasi mandiri selama 14 hari,” bebernya.** (Yudha)

Comment