Kasus Kecelakaan di Tambang Kampar Dilimpahkan ke Kejaksaan, Supir Truk Jadi Tersangka

oleh -

BERSERIPOS.COM, Kampar – Kasus Kecelakaan lalu lintas terjadi antara mobil Daihatsu Sigra dengan truk fuso di jalan lintas Pekanbaru-Bangkinang, tepatnya di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar memasuki babak baru, pasalnya berkas perkara, serta barang bukti sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Kampar.

“Iya, tadi berkas perkara dan barang bukti berupa 1 unit mobil Daihatsu Sigra dengan truk fuso sudah diterima oleh pihak Kejaksaan,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Kampar, Suhendri melalui Kasi Pidum, Sabar Gunawan, Senin 15 Februari 2021.

Selain diserahkan berkas perkara dan barang bukti, pihak Kepolisian juga turut menyerahkan satu orang pria yang saat ini berstatus sebagai tersangka. Ia merupakan supir dari truk fuso.

Kedatangan tersangka juga tidak didampingi oleh pihak kuasa hukumnya. Ia tampak pasrah ketika diantarkan langsung oleh pihak Kepolisian menuju ke ruangan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Tersangka tidak memakai kuasa hukum,” sebut Sabar.

Sabar juga menyebutkan terkait dengan berkas perkara yang dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Kampar sudah dinyatakan lengkap, untuk itu, katanya Dia, pihaknya akan menyusun dakwaan untuk segera disidangkan sesegera mungkin.

“Tersangka kita kenakan dengan pasal 312 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan, dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 3 tahun atau denda paling banyak 75 juta,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya, Kecelakaan lalu lintas terjadi antara mobil Daihatsu Sigra dengan truk fuso di jalan lintas Pekanbaru-Bangkinang, tepatnya di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau, Rabu (16/12/2020) lalu, sekitar pukul 05.30 WIB.

Kecelakaan maut ini berawal saat truk Fuso bergerak dari arah Pekanbaru menuju Bangkinang.

Sesampainya di TKP, truk berbelok pada u-turn untuk berbalik arah ke Pekanbaru. Pada saat membelok, datang mobil Sigra dari arah Pekanbaru menuju Bangkinang dengan kecepatan tinggi.

Karena jarak yang sudah dekat, kecelakaan tak bisa terhindarkan. Pengendara Sigra menabrak bagian belakang kanan truk.

Penyebab kecelakaan diduga karena kelalaian dan kurang hati-hatinya pengemudi mobil Sigra oleh Kemal Akbar. Korban mengendarai kendaraannya dengan kecepatan tinggi dan tidak memperhatikan jarak iring dengan kendaraan di depannya.

Akibatnya, lima orang penumpang mobil Sigra dinyatakan tewas.** (Yudha).

Comment