Lion Air JT261 Rute Balikpapan-Surabaya Batal Terbang, Mesin Bermasalah

oleh -
Foto: Ilustrasi. (Internet)

BERSERIPOS.COMPesawat Lion Air jenis registrasi PK-LHM dengan nomor penerbangan JT261 dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Balikpapan tujuan Surabaya, batal terbang siang tadi. Padahal, pesawat sudah berada di runway untuk bersiap lepas landas.

Informasi diperoleh merdeka.com, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.00 WITA. Pesawat jenis Boeing 737-900ER itu, sudah berada di ujung landasan, untuk bersiap take off. Belakangan, pesawat kembali ke apron.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro membenarkan kejadian itu. Menurut dia, JT-261 PK-LHM sudah menjalani pemeriksaan sebelum berangkat, dan laik terbang.

Dia mengatakan, pesawat yang mengangkut 73 penumpang dewasa dan dua penumpang anak-anak itu dijadwalkan terbang pukul 14.40 WITA dan tiba di Bandara Internasional Juanda pukul 15.10 WIB.

“Setelah tahapan dan prosedur di darat selesai, pesawat bergerak dan berada di landas pacu (runway) guna persiapan lepas landas (take off),” kata Danang, dikonfirmasi merdeka.com, Minggu (21/2).

Namun menurut Danang, guna memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot membatalkan dan menunda keberangkatan.

“Disebabkan kondisi kecepatan mesin masih rendah, karena ada indikator pada kokpit, yang menunjukkan komponen pada mesin perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut,” ujar dia.

“Untuk itu, pilot melaporkan atas situasi yang terjadi, dan membawa pesawat kembali ke landas parkir (apron), untuk menjalani pemeriksaan kembali,” tambah Danang.

Masih disampaikan Danang, seluruh penumpang, kembali ke ruang tunggu terminal Bandara SAMS. Mewakili manajemen, Danang menyampaikan permintaan maaf terkait persoalan itu.

“Penerbangan JT-261 dipersiapkan dengan Boeing 737-800NG registrasi PK-LJV, yang diterbangkan dari Bandara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA), dengan status kondisi laik terbang dan beroperasi. Penerbangan JT-261 menggunakan jadwal keberangkatan pukul 16.35 WITA, dan waktu kedatangan di Bandara Internasional Juanda pada 17.10 WIB,” tandasnya.

 

Sumber: Merdeka.com











Comment