Kapolsek Tebing Tinggi Barat: Kita Tidak Main-main Soal Karhutla, Jika Ada yang Terbukti Kita Proses

oleh -

BERSERIPOS.COM, Meranti – Kapolsek Tebing Tinggi Barat Iptu AGD. Simamora pagi ini Selasa (2/3/2021) melaksankan pendinginan Karhutla di Desa Tanjung Peranap, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Meranti. Dalam giat itu pihak Kepolisian juga dibantu oleh TNI, BPBD dan MPA serta warga setempat.

“Hari ini kami sudah tiga hari untuk melakukan pendinginan ini, siang malam kami siaga untuk mencegah tidak terjadinya Karhutla ini berkembang, kata Simamora kepada berseripos.com melalui sambungan seluler pribadinya, Selasa 2 Maret 2021.

Ia mengatakan bahwa tidak akan main-main soal kebakaran hutan dan lahan.

Menurutnya, jika ada yang terbukti melakukan tindakan pembakaran lahan akan diproses sesuai undang-undang yang berlaku.

“Kita tidak main-main soal kebakaran hutan dan lahan ini (karhutla). Siapa pun pelakunya bila tertangkap tangan atau terbukti melalukan membakar hutan dan lahan pada musim kemarau ini akan kita proses sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” tegas Simamora.

Bayangkan saja, dalam beberapa hari ini pihaknya sudah melakukan pendinginan lahan kebakaran dikarenakan ada orang yang tidak bertanggung jawab membakar lahan.

“Ini saja sudah 3 hari kami melakukan pendinginan lahan, dan kami juga bersama sama berupaya membuat sumur untuk mencari sumber air, karana selama musim kemarau ini embung air yang sudah kami buat dahulunya sudah kering airnya, makanya kami buat sumur baru agar dapat sumber air untuk melakukan pendinginan,” bebernya.

Simamora juga mengungkapkan bahwa Dampak dari kebakaran hutan dan lahan juga berpengaruh pada kesehatan, lingkungan dan peremonomian.

Hal yang paling dikawatirkan adalah dampak tersebut berpengaruh pada negara tetangga.

Untuk itu dirinya berpesan agar tidak melakukan tindakan-tindkan yang berlawanan dengan hukum, yakni membakar lahan dan hutan.

“Siapa pun pelaku pembakaran akan berhadapan dengan hukum,” ulas Simamora dengan tegas.

Simamora juga mengatakan saat ini pihaknya masih terus berjiaku untuk melakukan pendinginan di Lokasi Kebakaran.

“Kami bersama tim tidak akan pulang sebelum api ini benar-benar padam,” pungkasnya.

Reporter: Salman.





Comment