Lapas Bangkinang Gagalkan Penyelundupan Narkoba, Ganja Dimasukan Dalam Teh Celup

oleh -

BERSERIPOS.COM, Kampar – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis daun ganja kering untuk diberikan kepada warga binaan, pada Sabtu (6/3/2021).

Kepala Lapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno, membenarkan upaya penggagalan itu. Ia mengatakan bahwa pihaknya berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba berkat kejelian para petugas jaga.

Penyelundupan ganja ke dalam lapas ini terbongkar setelah petugas curiga dengan paket kiriman makanan ringan dalam kemasan dan teh celup pada layanan drive thru. Setelah dibongkar ternyata berisi bungkusan ganja.

“Daun ganja yang ditemukan petugas tersebut dikemas dalam bentuk kemasan teh celup dan kemasan makanan ringan kripik singkong Jimbaran Balado,” ujarnya saat dikonfirmasi Berseripos.com di ruangan kerjanya, Sabtu 6 Maret 2021.

Dia mengatakan saat itu petugas melakukan pemeriksaan melalui x-ray dan secara manual terhadap makanan yang masuk. Petugas yang merasa curiga lantas melakukan pemeriksaan terhadap bungkusan tersebut dan didapati bungkusan ganja dalam kemasan teh celup dan kemasan keripik singkong.

Dirinya juga menjelaskan bahwa pada proses pengiriman makanan itu para pengirim diwajibkan meninggalkan identitas resmi, hal itu bertujan apabila ada barang-barang yang mencurigakan pihak Kepolisian mudah melacak para pelaku.

“Selain meninggalkan identitas, barang pengiriman ada dua mekanisme yang kita tetapkan untuk menjalani pemeriksaan, yakni di posko drive thru dan satunya lagi masuk X-Ray dulu. Saat itu petugas merasa curiga dengan bungkusan itu, petugas melakukan pemeriksaan dan ditemukan daun ganja dengan jumlah 17 paket kecil dan 3 paket sedang,” bebernya.

Mantan Kalapas Produktif Kendal itu juga menuturkan bahwa pihaknya sudah mengamankan wargabinaannya yang terlibat dalam pemesanan barang haram tersebut, Ia mengatakan pengiriman paket itu dikirim oleh salahsatu adik dari wargabinaan yang ada di dalam Lapas Bangkinang.

“Ada dua orang wargabinaan yang kita amankan pagi tadi, saat ini keduanya sudah dibawa oleh pihak Polres Kampar beserta dengan barang bukti yang kita temukan,”ujarnya.

Dengan ditemukannya sejumlah narkoba ini, Sutarno menegaskan bahwa hal tersebut merupakan komitmen pihak Lapas Bangkinang dalam memberantas peredaran narkoba di dalam Lapas, sehingga semua pintu masuk diperiksa dengan sangat mendetail.

Dia juga berujar bahwa segala upaya pencegahan peredaran narkoba masih terus dilakukan. Sosialisasi serta mengintruksikan para petugas agar tidak terlibat dalam peredaran narkoba, HP maupun pungli juga terus dilakukan.

“Ini adalah bukti dari komitmen kami dan semua jajaran dalam pemberantasan narkoba di dalam Lapas Kelas IIA Bangkinang. Untuk semua petugas juga saya tekankan agar tidak terlibat,” pungkasnya.** (Yudha)

Comment