Menggali Potensi Desa, Dosen Polbeng Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di BUMDes Mandiri Sejahtera Desa Pambang Baru

oleh -

BERSERIPOS.COM,  Bengkalis – Dalam rangka menggali potensi desa, Politeknik Negeri Bengkalis melalui Dosen Prodi Akuntansi Keuangan Publik melakukan pengabdian di Desa Pambang Baru Kec. Bantan, Kab. Bengkalis. UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa merupakan babak baru pembangunan nasional yang dimulai dari desa. Salah satu bentuk pembangunan yang diatur dalam UU tersebut adalah mendirikan BUMDes yang tujuannya agar desa menjadi bagian dari proses pembangunan nasional.

BUMDES merupakan Badan usaha yang dibentuk oleh pemerintah desa dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh lingkungan atau masyarakat desa. Keberadaan BUMDES dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

BUMDes Mandiri Sejahtera merupakan Badan Usaha yang dibentuk oleh Pemerintah Desa Pambang Baru di Bengkalis. Dalam kegiatan pengabdian ini, Politeknik Negeri Bengkalis  melakukan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Keuangan sebagai dasar awal dalam pendirian usaha BUMDes. Tim pengabdian terdiri dari Endang Sri Wahyuni, Nurhazana, dan Nur Anita.

Abdul Razak, Direktur BUMDes Mandiri Sejahtera menyatakan bahwa pengelolaan keuangan mengenai BUMDes sangat diperlukan pada masa awal pendirian BUMDes. Hal ini dikarenakan Desa Pambang Baru memiliki potensi besar didukung oleh lingkungan Desa.

“Kami berharap kegiatan pelatihan ini dapat membantu dalam penyusunan rencana awal usaha, agar nantinya unit-unit usaha yang didirikan oleh BUMDes dapat berfungsi dan berjalan dengan sebagaimana mestinya. Tentunya kami berharap usaha BUMDes ini dapat menjadi mata pencaharian baru bagi masyarakat”

Endang Sri Wahyuni sebagai Ketua Tim menyatakan bahwa untuk tahap awal materi pelatihan yang diberikan adalah bagaimana regulasi dan kebijakan, serta apa fungsi dan manfaat berdirinya BUMDes bagi desa, selain itu materi pelatihan juga mencakup pencatatan keuangan sederhana yang dapat dilakukan oleh BUMDes agar penyaluran dana BUMDes dapat dipertanggungjawabkan.

“Masyarakat perlu tahu bahwa pendirian BUMDes ini memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan Desa. Hal ini dikarenakan BUMDes melibatkan partisipasi masyarakat di dalam operasionalnya dan tentunya dapat mengatasi kemiskinan dan pengangguran tingkat lokal” Tutur Nurhazana.

Nur Anita menambahkan bahwa kegiatan pelatihan dan pendampingan ini akan dilakukan secara berkelanjutan, sehingga nantinya manajemen pengelolaan BUMDes dan pelaporan keuangan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.

Comment