Bupati H.M Adil Kunjungi Kantor Kejari dan Mapolres Meranti

oleh -

BERSERIPOS.COM, Meranti, Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH, terus berupaya memperkuat sinergitas dengan Instansi penegak hukum dalam mewujudkan roda pemerintahan yang bersih sesuai amanat undang-undang, sehingga dengan terciptanya Good and Clean Goverment di lingkungan Pemkab. Meranti mampu mengoptimalkan pelayanan publik.

Seperti yang dilakukan oleh Bupati H.M Adil, saat ini dengan mengunjungi Kantor Kejari Meranti dan Kantor Mapolres Meranti, Rabu (17/3/2021).

Kedatangan Bupati Kepulauan Meranti tidak sendiri. Ia didampingi oleh pihak Inspektorat, Suhendri, Kaban Kesbangpolinmas Meranti Tasrizal Harahap, Kabag Hukum Sudandri, Plt. Kadisduk Capil Meranti Ramdan, Sekretaris BPKAD Meranti, Kabid Aset BPKAD Meranti, Serta Perwakilan Cipta Karya Dinas PU Meranti.

Dari pantauan, Kantor Kejari Meranti menjadi lokasi pertama yang dikunjungi oleh Bupati H.M Adil dan rombongan.

Bupati Adil langsung disambut oleh Kajari Meranti Waluyo SH MH dan jajaran Kasi di lingkungan Kejari Meranti yakni Kasi Pidsus, Anom SH, Kasi Pidum Oki SH, Kasi Barang Bukti Beny SH, dan Kasubag Pembinaan Edmon SH.

Dalam sambutanya, Bupati H.M Adil, mengatakan tujuannya datang ke Kantor Kejari Meranti dalam rangka menjalin Silahturahmi dan Sinergitas dengan Kajari Meranti dan jajaran khususnya dalam urusan pembinaan, penegakan dan bantuan hukum. Sehingga dalam menjalankan roda pemerintahan lebih terarah dan sesuai dengan koridor hukum yang berlaku.

“Kedatangan kami kesini dalam rangka silahturahmi sekaligus meminta tunjuk ajar dari jajaran Kejari Meranti untuk mewujudkan Pemerintahan yang bersih,” ujar Bupati Adil.

Sebagai Bupati yang baru saja dilantik dan baru masuk di internal pemerintahan, dirinya masih awam dan sangat membutuhkan bimbingan dan tunjuk ajar dari jajaran Kejari Meranti, sehingga tidak salah dalam mengeluarkan berbagai kebijakan dalam menggesa pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Meranti.

Selain itu, Bupati H.M Adil juga berharap kepada pihak Kejari Meranti dapat memberikan pembinaan dan pendampingan kepada ASN Meranti dalam menjalankan urusan pemerintahan yang berhubungan dengan hukum. Karena dirinya tidak ingin ada pegawai dilingkungan Pemkab Meranti melakukan sesuatu yang bertentangan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

“Karena saya menekankan kepada seluruh ASN di Meranti untuk bekerja dan melayani dengan ikhlas dan yang terpenting tidak bertentangan dengan aturan dan perundang-udangan yang berlaku,” jelasnya.

Salah satu yang menjadi perhatian Bupati H.M Adil dan butuh dukungan dari pihak Kejaksaan adalah masalah penertiban Aset Pemda seperti tanah dan bangunan peninggalan dari Kabupaten induk Bengkalis, dan kendaraan milik Pemda yang menjadi Atensi dari KPK kepada Kepala Daerah.

Setelah mendengarkan pemaparan dari Bupati, Kajari Meranti Waluyo SH MH, mengucapkan terima kasih atas kedatangan Bupati Kepulauan Meranti dan rombongan, ia pun berharap dengan kunjungan itu dapat semakin meningkatkan sinergitas antar kedua institusi tersebut.

Selanjutnya agar kerjasama antara Kejari Meranti dan Pemkab. Meranti lebih jelas dan terarah Kajari Waluyo menyarankan untuk dibuat sebuah MoU dalam urusan bantuan hukum oleh Kejari Meranti kepada Pemerintah Meranti yang didalamnya meliputi peneriban aset, pembinaan hingga Jaksa Pengacara, termasuk masalah hibah aset kendaraan.

Menyangkut usulan itu Bupati H.M. Adil sangat sependapat dan langsung memerintahkan Bagian Hukum Sekdakab. Meranti untuk menyiapkan administrasi agar MoU dapat segera dilakukan.

Kunjungan Bupati H.M Adil dan rombongan yang berlangsung hangat ditutup dengan acara foto bersama antara rombongan Bupati dan jajaran Kejari Meranti.

Usai mengunjungi Kantor Kejari Meranti, Bupati H.M Adil dan rombongan langsung menuju lokasi kedua yakni Mapolres Kepulauan Meranti, disitu Bupati dan rombongan langsung disambut oleh Kapolres AKBP. Eko Wimpiyanto dan Wakapolres Kompol Nipwin Bonar Hutabarat.

Dalam silahturahmi bersama Kapolres Meranti Eko Wimpiyanto dan Jajaran, Bupati H.M Adil juga menyampaikan komitmennya untuk mencibtakan pemerintahan yang bersih yang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Untuk mewujudkan hal itu Bupati mengaku tidak bisa bekerja sendiri tapi butuh dukungan dan petunjuk dari Kapolres Kep. Meranti dan Jajaran.

“Dengan adanya jaminan dari Polres kita berharap semua kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka menggesa pembangunan dan menciptakan kesejahteraan masyarakat berjalan dengan baik sesuai dengan aturan hukum,” papar Bupati.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP. Eko Wimpiyanto, sangat menyambut baik kedatangan Bupati H.M Adil dan rombongan, iapun berjanji siap mendukung Pemkab. Meranti dalam mewujudkan birokrasi yang bersih dan pelayanan optimal kepada masyarakat.

Dukungan yang diberikan dapat berupa bantuan personil, pembinaan ASN maupun dalam urusan penegakan hukum ditengah masyarakat.

Kunjungan dalam rangka silahturahmi dan sinergitas bersam Kapolres Kep. Meranti dan jajaran yang berlangsung santai penuh nuansa kekeluargaan ditutup dengan acara ngopi bersama.**

(Rilis/Salman).





Comment