Panglima Gagak Hitam Riau Respon Niat Baik Bupati Meranti Rencana Membangun Gedung LAM

oleh -

BERSERIPOS.COM, Selatpanjang – Panglima Gagak Hitam Riau, Yusri Yano menyambut baik niat Bupati Meranti H. Adil untuk merencanakan pembangunan gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) di beberapa Kecamatan yang ada di wilayah Meranti.

Hal itu disampaikan H. Adil saat beliau Touring mengelilingi 4 Kecematan, Sabtu (20/3/21) bersama OPD dalam rangka pantau langsung kondisi infastruktur wujudkan program ketuk pintu layani dengan hati.

Menurut Yusri Yano selaku Panglima Gagak Hitam, selain di Kecematan Tebing Tinggi Timur, ada juga di tiga Kecematan lain yang belum memiliki gedung LAM, yaitu Kecematan Tasik Putri Puyu, Kecematan Pulau Merbau dan Kecematan Rangsang Pesisir.

Yano sangat berharap kepada Bupati, agar juga memperhatikan gedung LAM yang ada di Kecematan Merbau, karena kondisi gedung LAM disana juga perlu perawatan.

Ia juga mengakui bahwa dirinya turut prihatin akan bangunan gedung LAM yang Merbau yang sudah lama. Oleh karena itu pihaknya melakukan gotong royong dengan mengecat serta perehapan dinding gudang LAM yang rusak akibat dimakan rayap.

“Itu kami lakukan karna kami prihatin dengan kondisi yang tidak ada perhatian dari pemerintah setempat dan pengurus LAM yang ada disana, kami melakukan ini semampu kami sesuai dengan anggaran pribadi kami yang ada,” ucap Yano.

Selain itu, kata Yano, Hasil tinjauan Ormas Gagak Hitam juga ditemukan gedung LAM yang ada di Kecematan Tebing Tinggi Barat juga sangat memprihatinkan kondisi bangunannya, termasuk pagarnya sudah hancur tidak terawat.

“Saya sangat berharap kepada Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti untuk dapat meninjau Gedung LAM yang ada di Kecematan Tinggi Barat, untuk bisa dilakukan rehap secepatnya karena gedung tersebut tempat anak-anak sanggar latihan kesenian budaya melayu,” ujar Yano pada pewarta, Minggu 21 Maret 2021.

Dirinya juga mengakui bahwa sebelumnya hal ini juga sudah pernah disampaikan kepada Ketua LAM Kabupaten Meranti, agar dapat memberikan solusi untuk membenahi gedung LAM yang ada di Kecamatan sejajaran Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Kita sudah sampaikan kepada yang bersangkutan, namun tidak ada respon sedikitpun, makanya dimana-mana gudung LAM di kecamatan rata-rata tidak terawat,” jelasnya.**

Reporter: Salman.

Comment